Diskusi Pengembangan Prasarana Sekolah Masa Depan Tahun 2022

Video konsep sekolah masa depan ditayangkan di ruang multimedia SMAN 9 Manado, terlihat bangunan sekolah yang bentuknya beda dari sekolah-sekolah negeri pada umumnya, desain modern yang dipadukan dengan tradisional, membentuk satu tampilan sekolah yang terlihat seperti berada di masa depan. Di tata sedemikian rupa untuk mangakomodir kebutuhan siswa dalam pembelajaran yang beda dengan apa yang kita kenal sekarang.

Kepala Dinas Pendidikan berharap bahwa sekolah masa depan akan bisa terealisasikan di Sulawesi Utara, Ia berharap akan ada satu sekolah di Sulawesi Utara yang bisa menjadi contoh sekolah masa depan yang memiliki prasarana yang bisa mengakomodir kebutuhan pembelajaran yang kreatif dan inofative sesuai perkembangan jaman saat ini.

Segala aspek kehidupan sudah berubah, tetapi sistem pendidikan hanya begitu-begitu saja, tidak ada perubahan. padahal kebutuhan sumber daya manusia saat ini sudah tidak relevan lagi dengan gaya belajar di sekolah saat ini. Teryata pemerintah tidak diam saja, kementrian Pendidikan sudah mau menjemput bola, mulai mengembangkan konsep belajar masa depan, mulai dari sumber daya manusianya sampai pada bentuk prasarana sekolah yang mendukung pembelajaran itu.

Pada hari Jumat, 25 Maret 2022, SMAN 9 Manado menjadi tuan rumah dalam Terpumpun Pengembangan Naskah Konsep Pengembangan Prasarana Sekolah Masa Depan Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bagian Sarana Prasarana.

Pemaparan contoh bentuk Sarana Prasarana Masa depan disampaikan oleh staff ahli Bangunan yakni sebagai analis Sarana prasarana di kementrian. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, dr. Grace Punuh, M.Kes, Kepala Bidang Pembinaan SMA, Kepala SMA 9 Manado Dan kepala sekolah beberapa sekolah besar lainnya di Sulawesi Utara.

Menurut pembicara dari tim Sarpras, konsep prasarana sekolah masa depan akan segera di susun dan di implementasikan di pembangunan sekolah di masa yang akan datang, desainnya harus lebih mencerminkan kreatifitas dan kebutuhan belajar yang relevan dengan jaman yang sudah canggih saat ini. Bangunan dan sarana prasarana seperti ini sudah banyak ditemukan di luar negeri atau beberapa sekolah swasta di Indonesia tetapi masih belum di temukan di sekolah negeri. sekolah negeri kebanyakan bentuknya tidak jauh berbeda.

Kepala SMA 9 Manado mengapresiasi acara ini karena ia kagum dengen konsep yang di tunjukan, ia mendukung penuh penyusunan naskah pengembangan sekolah masa depan ini dan berharap sekolah sekolah di masa depan akan menjadi sekolahyang lebih representatif, sekolah yang bisa membangun sumber daya manusia yang lebih baik lagi dan bisa bersaing dengan sumberdaya manusia dari negara lain.

Ada Peserta yang menanggapi bahwa regulasi saat ini masih belum memungkinkan untuk adanya pembangunan sekolah dengan prasarana yang mendekati dengan konsep yang ditunjukan oleh nara sumber. salah satu contoh adalah pembangunan ruang kelas yang saat ini dibatasi dengan bentuk kotak saja, sedangkan sekolah masa depan, ruang kelas itu bisa berbentuk apa saja sesuai dengan keinginan arsitek. Pembicara menanggapi bahwa nantinya tim sarpras di kementrian akan berkoordinasi dengan pembuat kebijakan untuk mensinkronkan atau menyelaraskan apa yang menjadi konsep sekolah masa depan dengan regulasi pembangunan sekolah.

Silahkan anda komentari informasi diatas

komentar