You are here:

SMA Negeri 9 Manado adalah salah satu SMA Favorit di Sulawesi Utara. Banyak sudah prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswanya dari tahun ke tahun. SMA Negeri ini telah banyak berganti nama. Awalnya pada tahun 1950 berdiri SPG Negeri Manado dengan Kepala Sekolah waktu itu Bpk Warong. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1991 SPG Negeri Manado dialih fungsikan menjadi SMA Negeri 8 Manado. Kepala Sekolah pertama di SMA Negeri 8 adalah Dra. Katerina Aror (alm). Pada tanggal 17 maret 1997 SMA Negeri 8 berubah nama menjadi SMA Negeri 9 Manado sampai sekarang. Kepala Sekolah pertamanya adalah Berty Setlight, BA. Pada Tahun 2000 di masa Kepala sekolah Dra. Margaretha Assa SMA Negeri 9 Manado dan SMA BINSUS SULUT digabungkan menjadi SMA NEGERI 9 BINSUS Manado sampai saat ini dan menjadi Kelas Binsus. Di Tahun 2005-2013 SMA Negeri 9 Manado sempat menjadi Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI). Namun Pada Tahun 2013 sesuai keputusan Menteri Pendidikan Nasional maka status tersebut dihapus dan kembali menjadi sekolah biasa. Namun prestasi siswa-siswi di SMA ini tetap menanjak dan menjadi salah satu sekolah dengan segudang prestasi.

     Demikianlah sejarah singkat SMA Negeri 9 Manado, semoga terus berkembang dan maju seiring perkembangan zaman. Dan dapat mencetak anak-anak bangsa demi kemajuan Indonesia Raya.

 

SMA BINAAN KHUSUS MANADO

 

SMU Binaan Khusus dimulai sejak diresmikan pada tanggal 22 September 1993 oleh Gubernur KDH Tkt.I Sulawesi Utara saat itu yaitu Bapak C.J Rantung dan didampingi oleh Kakanwil Depdikbud Sulawesi Utara, Bapak H. Sumuan. SMU Binaan Khusus ini didirikan sebagai realisasi dari Hasil Rapat Kerja Nasional Depdikbud Tahun 1993 di Jakarta. Pada saat SMU Binaan Khusus didirikan pada tanggal 22 September 1993, sebagai Kepala Sekolah adalah Drs. J.C Namsa, yang pada saat itu menjabat juga sebagai Kepala Sekolah SMU Negeri 7 Manado. Hal ini dikarenakan SMU Binaan Khusus (Kelas Binaan Khusus), saat itu ditempatkan di SMU Negeri 7 Manado. Pada saat itu dikenal istilah SMA Negeri 7 Binaan Khusus Manado. Setahun kemudian SMA Binaan Khusus dialihkan ke SMA Negeri 1 Manado dan saat itu yang menjadi Kepala Sekolah SMA Negeri 1 dan sekaligus SMA Binaan Khusus adalah Bapak Ferry Makalew, BSc.

Pada tahun 1995, Bapak Ferry Makalew mengakhiri masa tugasnya sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Manado yang juga termasuk SMA Negeri 1 Binaan Khusus Manado. Ia digantikan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 7, yaitu Bapak Drs. J.C Namsa. Jadi SMA Negeri 1 Binaan Khusus Manado menjadi SMU (Sekolah Menengah Umum) Negeri 1 Binaan Khusus Manado dengan berada di bawah pimpinan Kepala Sekolah, Bapak Drs. J.C. Namsa.

Dalam pelaksanaan SMU Binaan Khusus Manado yang kini berlokasi di Kelurahan Kleak Lingkungan I, khusus untuk urusan kurikulum ditangani langsung oleh SMU Negeri 1 Manado dan untuk penyediaan sarana, prasarana dan program Asrama ditangani oleh SMU Negeri 8 Manado (kini SMU Negeri 9 Manado). Situasi ini dapat dimengerti karena SMU Binaan Khusus yang terletak di Kleak berdampingan dengan SMU Negeri 9 Manado.Pada tahun ajaran 1998/1999 SMU Binaan Khusus ditangani penuh oleh SMU Negeri 9 Manado, dengan Kepala Sekolah Dra. Margaretha Assa. Admin

 

 

Back to Top