You are here:

Kunjungan RELO officer US Embassy di SMA N 9 Manado

Regional English Language Office (RELO) Officer,  Bradley Horn mengunjungi SMA Negeri 9 Manado pada Senin 17 September 2018. Kunjungan mereka dalam rangka menindaklanjuti hubungan kerjasama RELO dengan SMA Negeri 9 Manado di bidang literasi. Kedatangan RELO ini adalah kali yang kedua setelah sebelumnya Presiden RELO Mr. William Little  berkunjung tahun lalu. Kedatangan Mr. Horn didampingi oleh guru-guru bahasa Inggris, seorang dosedan disambut oleh kepala sekolah, guru dan staff sekolah beserta beberapa siswa berprestasi lainnya.

Setibanya di sekolah, Nine’s voice mempersembahkan dua buah lagu, yakni lagu berbahasa daerah dan lagu berbahasa Inggris. Mr. Horn memuji paduan suara andalan SMA Negeri 9 Manado ini dengan tepuk tangan dan komentar yang positif.

Setelah itu beliau masuk ke ruang kepala sekolah dan mulai membicarakan tentang apa saja yang perlu untuk memajukan literasi di sekolah, terutama literasi berbahasa Inggris.

M enurut Mr. Horn salah satu hal yang paling penting untuk memajukan literasi terutama dalam bahasa Inggris, adalah dengan cara membangun minat siswa agar gemar menulis, membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris itu begitu diperlukan jaman yang sudah serba teknologi sekarang ini. selain itu bagaimana membangun mental siswa agar tidak mengejek, mengatakan sombong kepada orang yang suka belajar dan berbicara bahasa Inggris tetapi malah mereka seharusnya terdorong jika melihat ada yang suka belajar bahasa Inggris.

Kepala SMA N 9 Manado Drs. Meidy R. Tungkagi menekankan bahwa SMA Negeri 9 Manado konsisten memajukan literasi di sekolah, menurutnya SMA Negeri 9 Manado sudah dua tahun melakukan pembiasaan pada guru dan siswa untuk membaca 15 menit setiap hari sebelum melaksanakan KBM. Beliau juga menambahkan bahwa banyak siswa sudah menulis buku dalam dua bahasa. selain itu Pak. Tungkagi berterima kasih kepada RELO yang melalui Creative Adventure Art telah membantu sekolah dalam pelajaran seni dan pembuatan Mural selama 5 hari beberapa bulan yang lalu.

Setelah perbincangan yang panjang Mr. Horn langsung mengunjungi Mural (Lukisan dinding) bantuan RELO. Lukisan itu dibuat dengan harapan bisa menginsprasi siswa agar tetap semangat dalam menempuh pendidikan.

Baca juga: Pembuatan Mural di SMA N 9 Manado 


Setelah itu beliau mengunjungi perpustakaan sekolah. di perpustakaan Ia melihat-lihat buku hasil karya siswa siswi SMA Negeri 9 Manado.

Ia menyarankan kepada sekolah untuk bekerjasama dengan pihak terkait dan menggandakan buku buku tersebut sehingga bisa dibagi ke sekolah-sekolah lain. setelah itu Mr. Horn berkunjung ke kelas binsus dan mengunjungi satu kelas yang sementara melakukan pembuatan buku ilustrasi dua bahasa.

Di sela-sela kunjungannya Mr. Horn dengan ramah berinteraksi dengan siswa-siswi SMA Negeri 9 Manado. Tidak lupa juga mereka berfoto bersama.

 


Lihat videonya disini:

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Rofni

Web administrator, suka menulis, fotografi, sinematografi dan mendengarkan musik.

Back to Top