PPDB 2018, SMA Negeri 9 Manado kebanjiran pendaftar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya proses penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan sistem online atau pendaftaran melalui internet, sistem ini menggunakan sistem seleksi terkomputerisasi dengan prinsip dasar “Siapa yang memiliki nilai lebih tinggi, berhak bersekolah di sekolah pilihannya”, sistem ini tidak jauh beda dengan sistem penerimaan mahasiswa baru.

Menurut statistik PPDB online SULUT, di https://sulut.siap-ppdb.com sampai hari ketiga PPDB online jalur regular, SMA Negeri 9 Manado tercatat sebagai sekolah terfaforit ke 2 di Sulawesi Utara dengan jumlah peminat sebanyak 1.461 peserta didik, tetapi SMA Negeri 9 Manado mengungguli semua sekolah untuk pendaftar jalur reguler pilihan pertama yakni mencapai 639 orang. Itu artinya ada 412 siswa yang harus rela “ditolak” bersekolah di sekolah pilihan mereka ini dan sekolah di sekolah pilhan ke 2 dan seterusnya.

Tercatat sampai sekarang Rabu, 4 Juli 2018 Pkl. 12.00 pendaftar dengan nilai tertinggi ujian nasional ada di sekolah ini, yakni dengan nilai 424,20.

[dropcaps]H[/dropcaps] ari pertama PPDB di SMA Negeri 9 Manado begitu padat, para pendaftar membludak, 6 jam saja sudah 300 siswa PPDB online jalur regular. Hari pertama tercatat sudah ada 300 siswa mendaftar dalam rentang waktu 6 jam. Sampai hari ini total peminat mencapai 1.461. jumlah ini masih akan terus bertambah.

Walau sudah kebanjiran pendaftar, panitia PPDB tetap harus terus menerima pendaftar, sesuai juknis tugas panitia PPDB adalah menerima berapapun banyaknya pendaftar dan membiarkan sistem yang melakuan proses seleksi sampai pendaftaran ditutup tanggal 7 Juli mendatang.

PPDB online masih akan dilanjutkan sampai tanggal 7 Juli 2018, untuk memberi kesempatan bagi para siswa yang belum sempat mendaftar.

SMA Negeri 9 Manado adalah sekolah yang jauh dari keramaian walaupun sebenarnya letaknya dekat dengan pusat pembelanjaan dan hiburan, sekolah ini termasuk “sekolah tua”, mengingat sebagian besar bangunannya adalah bekas sekolah pendidikan guru yang sudah berdiri lebih dari tiga puluh tahun dengan beberapa gedung kelas baru dan dan gedung yang telah di renovasi. Walau begitu SMA Negeri 9 Manado merupakan sekolah Rujukan di SULUT, SMA Negeri 9 Manado juga memiliki kelas Binaan Khusus.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!