You are here:

PPDB: BINIX Hanya butuh 6 jam saja untuk penuh.

Menurut statistik PPDB online SULUT, cukup butuh beberapa jam saja bagi BINIX a.k.a SMA Negeri 9 “Binsus” Manado untuk memenuhi kuota PPDB yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Daerah SULUT lewat PPDB online jalur regular. Hari pertama tercatat sudah ada 300 siswa mendaftar dalam rentang waktu 6 jam sedangkan penutupan hari pertama tercatat total 411 orang. Sampai hari ini (22/06/2017) total peminat mencapai 1.602 siswa dengan pilihan pertama sebanyak 603 siswa. melihat kuota yang ada yakni 250 siswa, sudah pasti 353 siswa yang ingin sekolah di sekolah ini harus bersekolah di sekolah pilhan ke 2 dan seterusnya, angka ini akan terus bertambah.

Walau sudah kebanjiran pendaftar, panitia PPDB tetap harus terus menerima pendaftar, sesuai juknis tugas panitia PPDB adalah menerima berapapun banyaknya pendaftar dan membiarkan sistem yang melakuan proses seleksi sampai pendaftaran ditutup tanggal 6 Juli mendatang.
S eperti tahun-tahun sebelumnya proses seleksi jalur regular berjalan secara otomatis karena menggunakan sistem seleksi terkomputerisasi. Sistem seleksi ini menganut prinsip dasar “Siapa yang memiliki nilai lebih tinggi, berhak bersekolah di sekolah pilihannya”.


Sampai hari ketiga PPDB online jalur regular, SMA Negeri 9 Manado tercatat sebagai sekolah terfaforit ke 2 setelah SMA Negeri 1 Manado, sedangkan sekolah faforit lainnya yang tahun-tahun lalu banyak peminat malah sampai sekarang belum mencapai kuota yang diberikan. Begitu juga sekolah sekolah lainnya di kota Manado, semuanya minim peminat. malah ada sekolah yang tidak ada pendaftar sama sekali.

Menjadi sekolah faforit memang tidak mudah. Apalagi SMA Negeri 9 Manado terletak di tengah kota yang jauh dari keramaian, lokasinya tergolong cukup sulit ditemukan, gedungnya biasa saja, mengingat sebagian besar bangunannya adalah bekas sekolah pendidikan guru yang sudah berdiri lebih dari tiga puluh tahun lalu.  Walau begitu SMA Negeri 9 Manado tetaplah salah satu sekolah paling berprestasi di Sulut apalagi sejak SMA Binsus bergabung menjadi kelas khusus di SMA N 9 Manado. sekolah ini malah ketularan menjadi salah satu sekolah paling besar dan berprestasi di SULUT.

Prestasi dan popularitas bisa diraih atas kerjasama seluruh komponen sekolah, mulai dari pimpinan, staff pegawai, para guru, orang tua, siswa dan komite sekolah.

Bicara tentang sarana-prasarana, sekolah ini bukanlah yang paling lengkap, tapi sejak tahun 2016 sekolah ini meraih predikat sebagai sekolah rujukan pembelajaran kurikulum 2013. itu artinya pelaksanaan pembelajaran di sekolah ini sudah memenuhi atau melampaui standard pembelajaran Nasional dan sekolah-sekolah seentero Manado ataupun SULUT pada umumnya bisa datang belajar di SMA N 9 Manado.

Menurut petunjuk,  PPDB online masih akan dilanjutkan tanggal 3-6 Juli mendatang, untuk memberi kesempatan bagi para siswa yang belum sempat mendaftar di bulan ini. (RS)

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Rofni

Web administrator, suka menulis, fotografi, sinematografi dan mendengarkan musik.

Back to Top