You are here:

ROHIS: MASJID AGUNG JAWA TENGAH, AMAZING!

Amazing! Barangkali inilah ungkapan pertama yang terlontar dari peserta ROHIS SMANIX TOUR D’JAVA ketika memasuki areal pelataran Masjid Agung Jawa Tengah Semarang. Bangunan megah dengan menara setinggi  99 meter yang menggambarkan asmaul husna plus 6 buah payung duplikasi masjid Nabawi Madinah ini adalah masjid provinsi Jawa Tengah.

Menara dan Pilar di serambi MAJT

 

Bangunan utama dari masjid yang beratapkan limas khas dari bangunan Jawa namun dibagian ujungnya juga dilengkapi dengan kubah besar yang berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan mempunyai 4 menara yang masing masing setinggi 62 meter pada tiap penjuru atapnya sebagai bentuk dari bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara yang terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.

Gaya Romawi juga terlihat dari bangunan 25 pilar yang ada dipelataran masjid. Pilar pilar yang bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi dengan kaligrafi kaligrafi yang indah, dan menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul, pada gerbangnya juga dituliskan dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertuliskan huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti”.

“Masjid ini pertama kali digunakan sekira tahun 1994. Namun pembangunan hingga menjadi seperti sekarang ini dimulai tahun 2001 dan selesai 2006. selain Masjid ini digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim juga bisa menjadi sebuah tempat wisata religi. Masjid Agung Jawa Tengah ini sangat megah nan indah sekali. Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono yang meresmikan masjid ini” ungkap Pembina Rohis ust. Supriadi. Luasnya areal masjid dan keterbatasan waktu yang ada mengharuskan rombongan kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: ROHIS

Guru Agama Islam di SMAN 9 Manado.

Back to Top