ROHIS EXPLORE JAKARTA

Pesawat yang ditumpangi ROHIS SMAN 9 Manado akhirnya tiba dengan selamat di terminal Kedatangan 1 C Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Jakarta. Hari pertama sesuai jadwal yang direncanakan adalah mengunjungi SMAN 97 Jakarta. Namun karena sesuatu dan lain hal, kunjungan dibatalkan dan langsung menuju kawasan Wisata Kota Tua Jakarta sebagai destinasi pertama. Kawasan yang dipenuhi bangunan tua sejak zaman kolonial ini menjadi bukti berkuasanya Belanda di masa itu.

Perjalanan Rohis berlanjut ke Monas (Monumen Nasional) sebagai ikonnya ibukota. Aspek historis Monas yang dahulu adalah lapangan IKADA tempat presiden RI pertama Soekarno menyampaikan pidatonya kini menjadi kawasan wisata yang sarat makna historisnya.

 

Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara gagal dikunjungi mengingat macetnya arus lalu lintas disekitar masjid yang mempertemukan ibadah Salat Jumat dengan Misa Paskah di Gereja Katedral depan masjid Istiqlal. Rombongan mengarah ke Taman Mini Indonesia Indah, dengan masjid At-Tiin sebagai tempat transit salat jama’ Zuhur dan Ashar.

Pilihan pertama di TMII adalah kunjungan ke Museum al-Qur’an atau bayt al-Qur’an yang menyimpan berbagai koleksi al-Qur’an dari seluruh Nusantara, mulai ukuran kecil hingga ukuran raksasa. Masing-masing memiliki nilai sejarahnya seperti dijelaskan pak Husain selaku pemandu wisata di museum al-Qur’an. Rombonganpun mengelilingi anjungan-anjungan provinsi di Indonesia dengan bus kemudian menikmati Kereta Gantung, Gondola hingga ke seberang lalu kembali ke pangkalannya.

Catatan pada bagian akhir, mengeksplore Jakarta tidak cukup jika hanya sehari.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!