You are here:

Apa itu UNBK?

Adakah shobat yang belum mengetahui pengertian UNBK ? Ini saya akan bercerita tentang UNBK. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test(CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.
P enyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.
Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari serverpusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) keserver pusat secara online (upload).
UNBK Starter
 
Ada sebuah perubahan lagi tentang cara menjalankan VM (Virtual Machine) yang menjadi server UNBK yang berguna untuk melayani client di ruangan tes. Yaitu adanya UNBK Starter yang digunakan untuk mengumpulkan informasi hardware buat generate Serial Number server.
Kemudian untuk menjalankan VM sekarang juga di tambahkan sebuah fitur enkripsi dengan bit locker untuk meningkatkan keamanan server.
ExamBrowser UNBK 2016
 
Exam browser yang digunakan dalam UNBK ini lebih keren tampilannya dengan berbagai tambahan fitur yang memudahkan siswa seperti timer yang sticky dan adanya penanda untuk jawaban yang ragu – ragu.
Selain itu dalam melaksanakan ujian nanti siswa juga bisa mendengarkan audio soal Listening Bahasa Inggris secara langsung di komputernya. Karena nomor soal listening juga acak, komputer siswa/client diwajibkan ada headset.
Audio yang ada di client dan bisa di play secara mandiri, siswa hanya ada kesempatan untuk memainkannya sekali saja, namun bisa mengganti jawaban jika dirasa ada jawaban yang lebih baik.
Prosedur Registrasi & Sinkronisasi Server
Setiap server dalam sekolah memiliki server ID yang berbeda – beda, berbeda dengan tahun lalu dimana satu ID digunakan oleh semua server yang ada di sekolah tersebut.
Proses instalasi server sekarang sejak awal dilakukan secara sendiri – sendiri, lantas mengirimkan Serial Number dengan mensubmit ID server. Selanjutnya serial akan ikut tampil di web dan bisa dicocokan, kalau sudah cocok dan terkonfirmasi baru keluar jadwal sinkronisasi server tersebut.
Kalau tahun lalu Server ID dan serial dikirim manual ke web unbk, lantas baru diverifikasi dari pusat, lantas satu server sinkronisasi dan setelah selesai server yang telah tersinkron di copy ke yang lainnya.
Proses sinkronisasi juga berjalan otomatis, apabila putus di tengah jalan, bisa disambung dari posisi saat putus, tidak perlu download dari awal lagi.
CBT Sync UNBK 
 
Dalam Pelaksanaan UNBK selalu menggunakan aplikasi CBT Sync ini di server untuk administrasi pelaksanaannya. Dalam CBT Sync juga ada beberapa perubahan fungsionalitas, meski untuk designnya relatif sama seperti dulu, terkesan seadanya
Status Server UNBK
Server menampilkan bermacam – macam dalam statusnya, kalau dahulu mungkin hanya ada status Tidak Aktif/offline dan online. Sekarang ada satu lagi tambahan status yaitu standby.  Di bawah status – status tersebut juga di sampaikan sebuah baris informasi tentang kondisi server saat ini, tentang hubungan server lokal dengan server pusat khususnya
Reset Login Peserta
 
Untuk reset login peserta, yang sebelumnya dibuang centangnya baru klik reset, sekarang berlaku normal seperti kebanyakan aplikasi, siswa yang mau direset loginnya di centang dulu bari kita klik tombol risetnya.
Daftar Peserta Terupload
 
Tampilan laporan siswa yang sudah mengerjakan dan sudah diupload harus dicetak oleh proktor. Dalam daftar tersebut juga bisa dilihat jawaban yang dipilih siswa (tanpa petunjuk benar dan salah tentunya). Jawaban bisa dieksport dari server dalam bentuk PDF.
sumber: https://zaenalikhsan.blogspot.co.id/

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Rofni

Web administrator, suka menulis, fotografi, sinematografi dan mendengarkan musik.

Back to Top