You are here:

TAZKIR ROHIS INGATKAN MAKANAN HALAL

SMAN9. Meski suasana Dies Natalis SMAN 9 Manado masih tampak, namun kegiatan mingguan Rohis tetap berjalan seperti biasa. Selesai salat Jumat, 23 September 2016 bertempat di masjid Ulil Albab Kampus UNSRAT Manado, ust. Supriadi mengingatkan peserta tazkir agar hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan. “Makanan halal itu, mulai dari bahan, alat dan cara pengolahannya, semua sesuai dengan ajaran Islam. Bukan hanya bahannya yang halal, tapi alat makan pun perlu diperhatikan ”

halal-mui

“Memang kadangkala kita lalai dalam menyikapi masalah ini, apalagi di sekolah. Ada orang-orang yang mengerti, namun ada juga yang tidak mau tau dengan persoalan ini. Padahal ini menjadi hal prinsip dalam ajaran Islam” lanjut satu-satunya guru PAI di SMAN 9 Manado itu.

Ada juga yang beranggapan bahwa asalkan menu/makanan nasional maka itu halal. Ini pemahaman yang keliru, karena tidak semua makanan nasional itu halal. Misalnya, ayam, pasti halal bagi orang Islam. Namun jika tidak disembelih sesuai dengan ajaran Islam, maka meskipun ayam tetap saja haram. Atau, sekalipun disembelih sesuai syariat, namun pengolahan dan tempatnya tidak sesuai, maka tetap saja haram. Intinya, hati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan. Sebab jika makanan sudah masuk dalam tubuh, maka ia akan menjadi darah dan daging dan mampu memengaruhi dalam setiap aspek kehidupan manusia. (Vita)

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: ROHIS

Guru Agama Islam di SMAN 9 Manado.

Back to Top