You are here:

ROHIS BANTU 2 KAMBING QURBAN

SMAN9. Allahu Akbar…Allahu Akbar…Allahu Akbarwa Lillaahil hamd. Gema takbir Idul Adha berkumandang mengagungkan asma Allah Pencipta Alam Semesta. Inilah momen syahdu bagi umat Islam setiap bulan Zulhijjah. Berbahagialah mereka yang diberikan kelebihan untuk menyempurnakan rukun Islam berhaji ke Baitullah, Makkah al-Mukarromah menapaktilasi perjuangan sang fenomenal Nabi Ibrahim as. Bersamaan dengan ibadah mereka di sana, di tanah airpun umat Islam melaksanakan ibadah yang terkait dengan ibadah haji yaitu puasa hari Arafah, pemotongan hewan qurban setelah shalat Idul Adha, dan menggemakan takbir, tahlil dan tahmid selama hari tasyrik. Apa yang dilakukan tersebut memiliki maksud yang sama yaitu mendekatkan diri kepada Allah swt.

Inilah yang dilakukan Pengurus Rohis SMA Negeri 9 Manado, guna menebar kebaikan bagi sesama. Secara patungan, mereka mengorbankan sedikit uang jajannya setiap minggu  untuk kemudian dibelikan kambing qurban. Menurut Astrid Herningtyas, wakil Bendahara yang mengkoordinir kegiatan ini, jumlah uang terkumpul berkisar 6 jutaan.  “Dari uang ini kami bisa membeli 2 ekor kambing yang langsung diserahkan kepada mereka yang membutuhkan” ungkap Ananda Suryanto, wakil ketua Rohis.

Ada 2 Panti AsuKurban Komboshan yang mendapat kesempatan menerima hewan qurban ini yaitu P.A. al-Ikhwan Kombos dan P.A. Hidayatullah Tomohon. Pengurus Panti menyambut gembira dengan kepedulian para siswa dan menyampaikan terima kasih atas inisiatif pengorbanannya. Pembina Rohis ust. Supriadi menyampaikan, secara historis, sejak 2004 lalu, setiap tahun Rohis SMAN 9 melakukan hal ini. Hanya saja, jumlah kambing qurban tetap 2 ekor karena tidak semua siswa dipaksakan berkurban. Qurban adalah keikhlasan. Semangat berkurban perlu terus ditingkatkan meskipun baru sekedar kurban uang jajan. Tapi inilah hal kecil yang bisa dilakukan saat ini. Satu aksi lebih berarti ketimbang seribu kata. “Semoga kedepannya Rohis bisa membagi hewan qurban yang lebih besar lagi” lanjut Ketua Rohis Angger Pangestu. (Vita)

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: ROHIS

Guru Agama Islam di SMAN 9 Manado.

Back to Top