You are here:

Q & A : Seputar ketidakpuasan siswa terhadap fasilitas sekolah.

Kemarin saya memeriksa comments yang belum dimoderasi, isinya kurang lebih ketidakpuasan siswa terhadap fasilitas sekolah. Berikut pertanyaan/keluhan serta jawabannya.

1. Kenapa wifi di sekolah lalod minta ampun?

Sebenarnya jaringan internet di sekolah sudah bagus tetapi coba yah dibayangkan, setengah saja dari seluruh pelajar memiliki smartphone angkanya sudah mencapai sekitar 700san orang. Jika anda ingin internet cepat, misalnya supaya anda bisa  nonton video dari smartphone anda, artinya sekolah harus menyediakan setidaknya 700mbps  agar setiap orang senang. 10mbps saja harganya sudah mencapai hampir 500rb. jadi kira-kira jika 700mbps bayar berapa yah? hitung saja sendiri yah.

Bandwidth internet di SMAN 9 Manado sekarang adalah sekitar total sekitar 80Mbps, mungkin bandwidth yang terbesar yang tersedia di sekolah negeri tetapi akses maksimal yang bisa diakses oleh satu perangkat adalah 10mbps di jaringan wifi baru dan 1 mbps dijaringan wifi lama. tetapi jika banyak pengguna terkoneksi, maka maksimum bandwidth di bagi rata.

U ntuk akses informasi biasa seperti mencari artikel atau konten pendidikan internet disekolah sudah cukup, kecuali anda mau akses konten multimedia atau sosial media yang sekarang sudah terlalu banyak foto dan video. Jika ya, pastilah kalian akan kecewa. intinya tugas kalian di sekolah adalah untuk belajar. ok guys? silahkan comment!

2. Kenapa para staf selalu melarang kami masuk laboratorium komputer?

Laboratorium komputer adalah ruang untuk pembelajaran menggunakan komputer atau pelajaran berbasis IT. anda tidak bisa masuk keluar seenaknya, apalagi jika hanya untuk main game atau akses media sosial. jika untuk keperluan mencari informasi atau belajar, anda bisa mengunjungi perpustakaan digital, disana ada e-librari dan sudah dilengkapi dengan koneksi internet.

3.  Kenapa di website tidak ada konten kreatif? kayak koran bapak-bapak aja.

Pengelola website bisa dikatakan tidak muda lagi, dan hanya bertugas memelihara website, menulis berita-berita penting dan informasi seputar sekolah. Sekolah sudah memberi kesempatan kepada para siswa untuk bergabung di Jurnalis sekolah, tetapi sampai sekarang tidak ada yang mendaftar. makanya jika kamu bisa menulis artikel atau apa saja yang kreatif kenapa tidak di share di website ini.

4. Ohemji, ruangan kelasnya panas banget.

Sebenarnya sebelum mendaftar di sekolah ini kamu harus cek dulu apakah ada pendingin ruangan atau tidak. Setelah kamu periksa dan kamu tidak menemukan pendingin ruangan di setiap kelas , kamu kan masih bisa memilih sekolah yang lain. sekolah akan berusaha membenahi diri, bisa saja kedepan akan ada pendingin ruangan, tapi untuk sekarang yah kamu harus menyesuaikan diri dulu.


SMA Negeri 9 Manado selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan demi kenyamanan siswa dalam belajar


 

tetapi karena alasan beberapa keterbatasan kami belum bisa menyediakan semua yang diinginkan dan dimimpikan oleh setiap siswa seperti Internet yang cepat, ruangan yang sejuk dan fasilitas lainnya yang lebih memadai. Sebagai siswa ayo dukung terus dan cintai sekolahmu dengan hal-hal kecil yang bisa berguna untuk kemajuan sekolah. seperti:

Charge HP kamu dirumah agar tidak sering mengisi daya di sekolah. Hal itu bisa menurunkan tagihan listrik sekolah dan anggarannya bisa digunakan untuk pengembangan sekolah. bayangkan siswa yang memiliki smartphone di sekolah mencapai lebih dari 1000 perangkat. Bayangkan, jika semuanya mengisi daya di sekolah  setiap hari, berapa biaya yang harus dikeluarkan sekolah?

Buang sampah pada tempatnya. Sampah harus dibuang pada tempatnya, terutama sampah (maaf) pembalut yang sering menjadi alasan tersumbatnya WC sekolah, jika tersumbat, sekolah harus memanggil jasa service WC. Biayanya tidak sedikit. Dengan membuang sampah pada tempatnya sekolah bisa terlihat lebih bersih dan indah.

Menggunakan Internet di jaringan wifi sekolah seperlunya. Jangan memeriksa status sosial media terlalu sering, sedikit-sedikit memeriksa status atau foto. padahal ada siswa lain yang sedang menggunakan internet untuk kepentingan belajar yang akhirnya terganggu cuma gara-gara kamu keseringan periksa media sosial.

Berilah sumbangan ke sekolah semampumu. jika orang tua kamu mampu dalam keuangan, kamu bisa meminta orang tua kamu memberi sumbangan komite lebih banyak dengan sukarela. Selain bisa membantu teman-temanmu yang kurang mampu, kamu juga bisa membantu sekolah melakukan berbagai pembenahan.

Intinya, sekolah adalah rumah kamu yang ke 2 bagi para siswa dan sudah seharusnya para siswa harus bangga terhadap sekolahnya; mencintai, memperhatikan, menjaga kebersihan, keindahan dan kenyaman dan yang paling penting adalah menjaga nama baik sekolah.

_

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Admin

Back to Top