You are here:

Peluang Partisipasi Aktif dalam Kerangka Pendidikan ASEM

ASEM adalah singkatan dari Asia-Europe Meeting. ASEM merupakan salah satu bentuk ruang diskusi Pemerintah Indonesia dengan beberapa negara Asia dan Eropa untuk membentuk kerjasama untuk kemajuan bersama. salah satu kerjasama adalah di bidang pendidikan. Sekretariat ASEM bidang pendidikan disebut AES atau ASEM Education Secretariat. Diresmikan 1 Oktober 2013 oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Prof. Ainun Na’im. AES berokasi di Jalan Jenderal Sudirman senayan 10270. Gedung C Lantai 6, BPKLN, Setjen, Kemdikbud. Website AES adalah asem-educationsecretariat.kemdikbud.go.id .

S elain kerjasama dalam kolaborasi penelitian ASEM juga memiliki Program kerjasama pendidikan melalui pertukaran mahasiswa yang seimbang dari universitas di kawasan Asia dan Eropa dan beberapa Program beasiswa. Kerjasama-kerjasama ASEM dengan pemerintah RI di bidang Pendidikan antara lain:

Peluang Kerjasama RI – Jepang

Program beasiswa Monbukagakusho untuk S1, S2, dan S3. Silahkan kunjungi laman: www.studyjapan.go.jp/en/

Penelitian (Perguruan Tinggi) dan bantuan Tenaga Kerja Asing bagi SMA dan SMKdari JICA (Japan International Cooperation Agency)

Program Nihongo Partners bagi Sekolah Menengah (SMA dan SMK) dari Japan Foundations

Peluang Kerjasama RI- Korea

Volunteer KOICA (Korea International Cooperation Agency) – untuk beberapa bidang di Sekolah Menengah (SMA dan SMK) Kunjungi : http://www.koica.go.kr/english/sche mes/volunteers/index.html

Peluang Kerjasama RI- Singapura

Student Exchange:  Youth Camp – ditujukan untuk siswa-siswi Sekolah Menengah (SMA dan SMK)  yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Selain kerjasama yang disebutkan tadi ASEM memiliki banyak sekali program inisiatif dan rencana masa depan yang bertujuan untuk memajukan kualitas pendidikan negara-negara peserta ASEM.

Untuk info lebih lanjut kunjungi website: http://asem-education-secretariat.kemdikbud.go.id/

 

__

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Rofni

Web administrator, suka menulis, fotografi, sinematografi dan mendengarkan musik.

Back to Top