You are here:

Tips menghadapi ulangan semester.

Sudah pasti para siswa ingin menjalani ulangan dengan baik agar mendapatkan nilai yang tinggi di raport. Banyak cara yang bisa ditempuh agar kita bisa sukses menghadapi ulangan. Berikut ada hal-hal yang bisa kalian lakukan:
1. Yang pertama tentunya berdo’a dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dalam menghadapi ulangan. Sebab segiat apapun kita belajar, tanpa ijin dari Tuhan maka akan sia-sia saja. Buat yang Kristen bisa mengambil waktu teduh pagi subuh untuk berdoa dan membaca firman Tuhan dan setelah itu kemudian bisa belajar. Buat yang Muslim lebih baik lagi kalau bangun pagi-pagi untuk Shalat Tahajud sekalian belajar. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk belajar karena pada waktu itu pikiran masih segar dan keadaan masih tenang.

2. Belajar dengan tekun. Yang ini juga sudah pasti wajib dilaksanakan. Namun,belajar dengan tekun bukan berarti belajar terus dan meninggalkan kewajiban-kewajiban kita yang lain. Carilah cara belajar yang efektif dan efisien seperti mengulangi pelajaran yang pernah diberikan, latihan soal untuk pelajaran seperti matematika kimia dan fisika,tanya-jawab, belajar kelompok bersama teman-teman,berlatih kemampuan mengingat,dan lain-lain.

3. Hindari hal-hal yang dapat menggangu pikiran, mendatangkan stress, atau membuat kita menjadi malas belajar,seperti nonton TV atau pacaran sebaiknya ditinggalkan dahulu. Facebook-an, Twitter-an, SMS-an, dan sejenisnya sebaiknya juga mulai di kurangi untuk sementara waktu sampai selesai ulangan.

4. Jika bosan belajar, cobalah refreshing atau menghibur diri sejenak tetapi yang berguna untuk kita, misalnya keluar rumah sejenak, bermain dengan binatang peliharaan, Selain itu kita bisa SMS-an online atau chatting sama teman sekolah kita,tapi yang dibahas contohnya tanya-jawab soal pelajaran sekolah.

5. Hindari kebiasaan menyontek dan mengharapkan orang lain, karena akan menjadikan kita malas belajar dan hanya mau bergantung kepada orang lain. Menyontek juga termasuk perbuatan tercela yang pastinya dosa jika dilakukan.

6. Jangan paksakan diri belajar dan carilah waktu yang tepat untuk belajar. Jangan menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS) untuk mengulang semua materi. Jangan juga belajar hingga tengah malam. Sebaiknya cari waktu yang tepat seperti dini hari atau waktu subuh untuk belajar.

7. Yang terakhir adalah jaga kesehatan dan kondisi tubuh agar dapat menjalani ulangan dengan tenang. Makanlah makanan yang bergizi dan kalau bisa yang ber-protein tinggi agar otak kita mendapat energi untuk berpikir.

Demikian tipsnya,semoga bermanfaat bagi semuanya. Kalau ada yang salah atau kurang, silahkan ditambahkan atau dikritik di kotak komentar.

Di kutip dan di edit seperlunya dari sumber: didydodyhart.mywapblog.com/tips-menghadapi-ulangan.xhtm

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Rofni

Web administrator, suka menulis, fotografi, sinematografi dan mendengarkan musik.

Back to Top