You are here:

GPAI SMAN 9 TERIMA SERTIFIKAT DARI THE ADELAIDE UNIVERSITY

SMAN9. Sekira 40 orang guru PAI dan Pengawas yang diberangkatkan ke Adelaide, Australia Selatan mengikuti program khusus perkuliahan tentang Multikultural. Terhitung sejak tiba di Australia tiga hari yang lalu, para guru dan pengawas terbaik ini langsung mengikuti sessi perkuliahan di kampus The Adelaide University, kampus terbaik di Australia Selatan yang didirikan pada tahun 1874.

pose depan kampus The University of Adelaide

“Inti materi kuliah sejak hari pertama diawali dengan penjelasan tentang Identitas yang terbentuk dari beberapa faktor yaitu lingkungan, budaya, agama, bahasa. Pembentukan identitas harus dibarengi dengan penanaman nilai (value)dalam keberagaman masyarakat sebab nilai dasar akan menjadi payung dalam bersosialisasi di masyarakat.” Ungkap ust. Supriadi, satu-satunya GPAI asal Sulawesi Utara yang mengikuti program ini.
Ada nilai-nilai yang terkandung dalam multikultur seperti rasa saling menghargai, kebebasan, saling memahami, saling hidup dan bekerja bersama. Inilah yang perlu dikembangkan di sekolah untuk menanamkan serta membiasakan nilai-nilai kemanusiaan dan keberagaman. Guru sebagai role model (Pemeran) kekuatan budaya harus bisa memengaruhi siswa serta menjadi agen perubahan siswa.

Salah satu dosen di Adelaide University, Dr. Nina Ma’adad

Guru menjadi pemimpin dalam penanaman nilai-nilai multikultur di sekolah dan sebaiknya proses strategi pembelajaran multikultur harus mengarahkan siswa berfikir kritis dalam melihat keadaan sekitar. Pada intinya, pendidikan multikultural adalah memahami persamaan hak dan kewajiban dalam sebuah perbedaan.
Di akhir sessi perkuliahan, peserta menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh penanggungjawab program Dr. Jan Kieghtley. Kepala SMAN 9 Manado Mediatrix Ngantung ikut merasa bangga dengan pencapaian ini dan memberikan apresiasi positif buat ust. Supriadi.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Kak Ippy

Islamic teacher who always keep fight to spread goodness, also like writing and traveling

Back to Top