You are here:

Charachter Building Via Ramadhan

Sebagai muslim sejati, kedatangan dan kehadiran bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang amat membahagiakan. Ramadhan selalu datang dengan sejuta harapan dan memberikan sebuah pola pembelajaran yang baik bagi orang-orang yang beriman. Pribadi yang baik akan tampak manakala proses belajar melalui pembiasaan itu berlangsung secara kontinyu dan teratur. Bagi para peserta didik, nilai-nilai luhur yang terus ditanamkan melalui berbagai kesempatan pada akhirnya akan berbuah manis dan mampu membuat perubahan di masyarakat.
Hal tersebut diungkapkan Pembina Rohis SMA Negeri 9 Manado, Supriadi S.Ag., M.Pd.I., dalam acara Penutupan Ramadhan Youth Camp 2015 yang berlangsung di Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan Manado kemarin.

Kurikulum 2013 yang menekankan pada pembentukan karakter peserta didik perlu ditunjang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini agar mereka lebih terlatih afektif dan psikomotornya, lanjut Supriadi yang juga Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA se-Kota Manado.

Kegiatan yang bertujuan memupuk ukhuwah dan meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Minggu s.d. Selasa, 21- 23 Juni 2015 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Manado, Mediatrix M. Ngantung, M.Pd. Dalam sambutannya, kepala sekolah memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan religius semacam ini. Menurutnya, setiap saat peserta didik perlu untuk dicharge agar tidak low bat. Apalagi di bulan Ramadhan, waktu yang tepat untuk mendidik diri sendiri menjadi pribadi yang tangguh dan tahan uji. Pihak sekolah tentu saja akan terus mendukung program-program Rohis yang notabene bernilai positif dan memberi manfaat bagi semua.
Kegiatan RYC 2015 terasa special karena mendapatkan materi-materi yang disampaikan oleh pemateri yang qualified dan luar biasa, seperti Kombes. Pol. Drs. H. Endang Syarifuddin, MM., yang juga motivator nasional. Selama tiga hari, peserta didik terus didampingi dan digembleng dengan materi Charracter Building.

Ketika perubahan zaman dan arus global semakin deras, maka nilai-nilai religius diperlukan guna mengantisipasi dan membentengi generasi muda dari aneka pengaruh negatif.

Ketua Panitia Adesyafitri Paendong yang didampingi sekretaris panitia Kenyo Sekardonya menyatakan bahwa RYC 2015 juga menjadi upaya menjalin dan mempererat ukhuwah diantara peserta didik muslim di SMA Negeri 9 Manado, serta berupaya memantapkan amaliah-amaliah Ramadhan yang diharapkan akan terus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi bagi 65 peserta. Rohis sebagai salah satu organisasi sub OSIS terbilang sangat aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan keislaman yang berdampak pada proses pembentukan religius culture di SMA Negeri 9 Manado. Sebelumnya, Rohis juga sukses menggelar Seminar Pra Ramadhan yang menghadirkan pemateri ust. Asep Supriatna, S.TP dari Jakarta pada tanggal 2 Juni 2015 di Aston Manado Hotel.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: ROHIS

Guru Agama Islam di SMAN 9 Manado.

Back to Top