You are here:

Beberapa Tips Mengisi Liburan Semester

Setelah kita menerima rapor semester genap kita mendapatkan liburan panjang selama hampir sebulan. Jika kita mengisi waktu libur dengan kegiatan yang kurang bermanfaat maka akan terasa sangat menjemukkan. Bagi yang berlibur dengan keluarga mungkin terasa menyengkan apalagi jika liburan keluar daerah atau luar negeri. Namun bagi yang berlibur dirumah tentu membosankan jika tidak diisi dengan hal yang menyenangkan. Nah, sobat Smanix berikut tips yang cukup bermanfaat yang bisa digunakan:

1. Rekreasi

Setelah sibuk selama satu semester di sekolah ada baiknya sobat smanix mencoba untuk rekreasi untuk menyegarkan otak kembali. Rekreasi tidak harus mahal, bisa dilakukan dengan cara yang lebih irit misalnya berkemah, hiking, berenang, atau ke rumah saudara di kampung. Sehari atau 2 hari cukup untuk kegiatan ini.

http://www.norrisdamstatepark.org/wp-content/uploads/2015/01/hikers.jpg

Hiking


2. Menyalurkan Hobby

Bagi yang suka seni drama, tarian, musik, olahraga, melukis, photografi, travelling, menulis karya ilmiah atau yang lainnya liburan bisa digunakan untuk menyalurkan hobinya. Bisa lebih leluasa untuk bereksprimen dan berinovasi karena waktunya memang lebih senggang dibandingkan dengan waktu pada aktifnya KBM di sekolah. Bisa dilakukan selama liburan.

Fotografi


3. Mengembangkan Ilmu

Bagi yang suka membaca dan suka hal-hal yang berbau teknologi/IT, ini kesempatan untuk menambah ilmu di luar jam pelajaran di sekolah. Bisa mengunjungi Perpustakaan Daerah, toko Buku, dengan maksud bisa membaca buku-buku keilmuwan akan menambah wawasan di luar sekolah. Atau bisa browsing di internet ke situs-situs yang mengulas tentang ilmu-ilmu yang ada kaitanya dengan teknologi. Pastilah akan menambah keilmuwan di luar jam sekolah. Dilakukan kapanpun selama liburan.

Membaca di Toko Buku


4. Membentuk Kelompok Belajar

Liburan bukan berarti meninggalkan aktivitas untuk belajar. Bagi yang sudah menginjak kelas XII maka tentu sudah harus melakukan persiapan awal sejak dini untuk Ujian Akhir Nasional (UAN). Apalagi yang ingin mencoba Jalur Prestasi (Undangan) SNMPTN tahun depan. Oleh karena itu, dengan membentuk kelompok belajar akan bermanfaat untuk mempersiapakan diri dalam menghadapi itu semua.

Kelompok Belajar

 

5. Komunikasi antar Teman

Walaupun kegiatan yang dilakukan banyak di rumah masing-masing tetapi ada baiknya senantiasa berkomunikasi antar teman sekelas. Selain untuk mempererat persabahatan juga bisa untuk bertukar informasi dari teman-teman yang ada di rumahnya masing-masing. Saat ini memang sudah ada media yang dikenal dengan sosial media/sosmed untuk saling berkomunikasi. Namun ada baiknya juga bisa langsung berkomunikasi langsung dengan teman kita.

Komunikasi lewat sosial media


6. Meningkatkan pemahaman agama

Pada masa liburan, bisa menjadi kesempatan yang lebih baik bagi pelajar untuk meningkatkan pemahaman keagamaan. Di mana masa liburan bisa di isi dengan mengikuti berbagai kegiatan agama, seperti siraman rohani, KKR, pesantren kilat, dan lain sebagainya. Apalagi bagi kaum muslim yang saat ini sedang berpuasa. Dengan begitu kita bisa lebih menjaga sikap dan moral kita agar sesuai norma ajaran agama masing-masing.

KKR

Pesantren Kilat

 

 7. Menjalin keakraban dengan kerabat keluarga

Masa liburan biasanya identik dengan mengunjungi kakek-nenek ataupun sanak keluarga. Jadi tidak ada salahnya jika masa liburan kali ini, digunakan untuk mengunjungi sanak keluarga yang mungkin sudah lama tidak dikunjungi. Dengan saling berkunjung akan membuat rasa rindu terobati dan tentunya akan menambah keakraban di antara anggota keluarga.

Keakraban Keluarga


8. Melakukan kegiatan sosial

Melakukan kegiatan sosial untuk mengasah rasa kepekaan terhadap orang lain. Di saat sekolah, mungkin kita hanya disibukkan dengan belajar dan menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh guru sehingga tidak memiliki waktu untuk berbagi dengan orang lain. Nah, di masa liburan sekolah ini, kita bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti gotong royong bersama antar lingkungan, mengunjungi panti asuhan, dll. Hal ini selain bisa mengasah rasa kepedulian dan kepekaan kita terhadap orang lain, juga untuk menambah teman sehingga lebih memperkuat rasa kekeluargaan dan sosial kita.

Gotong royong


9. Mengikuti kursus/les

Mengikuti kursus/les sesuai dengan bidang keahlian yang ingin dicapai atau sekedar untuk meningkatkan kemampuan/kompetensi diri seperti : kursus Matematika dan Sains, Komputer, ataupun bahasa Inggris disaat liburan tentu merupakan hal yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kompentensi diri. Selain penting bagi yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga sangat baik bagi yang ingin mencoba menambah pengetahuan dasar pada bidang keilmuan yang baru.

Kursus Komputer

Beberapa alternatif lain selain diatas bisa sobat Smanix pilih dalam mengisi waktu liburan yang lebih bermanfaat daripada hidup bersenang-senang dengan menghabiskan waktu yang sia-sia. Kemampuan untuk mengembangkan aspek akademik, sosial, budaya, agama dan pengembangan diri serta kepribadian dapat kita gunakan sebagai acuan memilih jenis kegiatan yang akan dipilih, tinggal anda sendiri yang akan memilih prioritas mana atau bidang apa yang ingin dicapai selama liburan kali ini. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat bagi para Smanixer.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Tagged with: 

Posted by: Ronald

Back to Top