You are here:

Ponsel dapat menyebabkan postur tubuh bungkuk

Bekerja di depan komputer dan terlalu asyik memainkan Tab atau Ponsel sepanjang hari, bisa membuat postur tubuh jadi bungkuk. Hal itu karena saat kita berkonsentrasi pada layar komputer atau ponsel, tubuh secara tak sadar akan condong ke depan dan akhirnya membentuk bahu yang tampak menciut.


Punggung

Postur tubuh yang baik saat membaca ponsel

Setiap membungkuk anda beberapa derajat anda seperti menerima beban di bahu anda. Jika dibiarkan, postur tersebut akan permanen dan menyebabkan bahu maupun punggung mudah lelah dan pegal setelah beraktivitas. Jika Anda terlanjur memiliki postur tubuh yang kurang sempurna karena faktor di atas, jangan khawatir. Ada cara praktis untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan latihan internal rotation (yang fokus pada latihan otot punggung, bahu, tangan, perut dan pinggul). Hal ini perlu untuk menyeimbangkan otot dada yang sudah condong ke depan karena kebiasaan terlalu lama di depan komputer atau mengetik ponsel

Push Up

Plank

Sementara push-up, disarankan posisi lengan lurus dengan telapak menempel pada lantai. Gerakan ini berfungsi mengembalikan kestabilan bahu.

S elain latihan otot punggung, lakukan juga fleksibilitas. Latihan ini bisa berupa yoga dan pilates. Fungsinya adalah untuk membuat daya jangkau tangan lebih jauh sehingga tidak mudah cedera. Latihan sebaiknya tidak menggunakan beban. Hindari juga sit-up karena akan berefek kurang baik pada lower back.

Crunch

Agar hasilnya lebih efektif, olahraga sebaiknya dilakukan bervariasi. Misalnya jika Anda memiliki jadwal latihan tiga kali seminggu, lakukan push-up dan plank di hari pertama; crunch dan yoga di hari kedua serta pilates di hari ketiga. Nah sobat Smanix semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Related articles
 

Back to Top