You are here:

Road to OSN 2015

SMAN9, (11/05) – Tahapan demi tahapan untuk seleksi OSN tingkat Nasional telah selesai. Tiga siswa-siswi SMA Negeri 9 Manado telah lolos dalam seleksi tingkat kota (Olimpiade Sains Kota) dan propinsi OSP (Olimpiade Sains Propinsi) yang diikuti sekolah-sekolah di Sulawesi Utara. Namun tidak semua bidang yang berhasil digaet oleh para siswa peserta Olimpiade Sains SMAN 9 Manado.  Sebelumnya ada beberapa siswa-siswi yang bertarung memperebutkan juara agar dapat tiket ke OSN tingkat Nasional ini. Mulai dari seleksi tingkat kota sampai seleksi tingkat propinsi. Ketiga peserta yang baru-baru ini menerima piala kejuaran OSP di lapangan tikala Manado. Mereka adalah Rizaldy Danupoyo juara 1 bidang Biologi, Thrisya Gulla dan Laurensius Wowor masing-masing juara 1 dan 2 bidang Ekonomi. Mereka akan berangkat ke Yogyakarta pada tanggal 18 Mei 2015 untuk mengikuti tahapan Olimpiade Sains Nasional di UGM Yogyakarta.

Penerimaan Penghargaan OSP SMAN9

Olimpiade Sains Kota (OSK)

Olimpiade Sains Tingkat Kota berlangsung pada tanggal 11 Pebruari 2015 di SMA Negeri 1 Manado. adapun bidang ilmu yang diperebutkan yaitu, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Komputer, Geografi, dan Ekonomi. Sedangkan bidang-bidang ilmu yang diikuti oleh SMAN 9 Manado hanya 7 bidang ilmu. berikut daftar peserta yang juara pada bidang-bidang tersebut:

1. BIDANG MATEMATIKA
X JUARA 2 JESSICA JAURY
JUARA 3 MATTHEW TINGGIAN
2. BIDANG FISIKA
JUARA 2 YOSIANO PAULUS
JUARA 3 DONOVAN SUHERMAN
3. BIDANG KIMIA
JUARA 1 RIBKA LOGOR
JUARA 3 RIANY MATIALU
4. BIDANG BIOLOGI
JUARA 1 RIZALDY DANUPOYO
JUARA 2 LIDYA RUITAN
5. BIDANG ASTRONOMI
JUARA 1 SITI SUKARNO
6. BIDANG GEOGRAFI
JUARA 1 WYNONA XAVIERA
7. BIDANG EKONOMI
JUARA 1 THRYSIA GULLA
JUARA 2 MARIA FANULENE
JUARA 3 LAURENSIUS WOWOR

Selain dari SMAN9/Binsus Manado ada juga beberapa sekolah yang menjuarai bidang ilmu lainnya yakni dari SMAN 1 MANADO, SMAS KATOLIK REX MUNDI MANADO, SMAS KRISTEN EBEN HEAZER MANADO DAN SMAS PIONER MANADO.

Olimpiade Sains Provinsi (OSP)

Berlangsung pada tanggal 18 Maret 2015 di SMAN 1 MANADO. Peserta yang turut serta adalah sekolah-sekolah di Propinsi Sulawesi Utara. Jadi persaingan pada tingkat ini sangat ketat karena banyaknya sekolah yang ikut. SMAN 9/Binsus Manado hanya berhasil di dua bidang saja yakni Bidang ilmu Biologi dan Bidang Ilmu Ekonomi. Berikut Daftar Nama pemenang dari SMAN 9 Manado;

1. BIDANG BIOLOGI
JUARA 1 RIZALDY DANUPOYO
2. BIDANG EKONOMI
JUARA 1 THRYSIA GULLA
JUARA 2 LAURENSIUS WOWOR

Selain itu ada juga juara dari bidang lainnya yakni bidang ilmu Matematika, Fisika, Kimia dan Astronomi direbut oleh SMAS Kristen Eben Haezar Manado, bidang ilmu Kebumian oleh SMAS Lokon Tomohon, bidang ilmu Komputer oleh SMA Negeri Tondano, dan bidang ilmu Geografi oleh SMA Negeri Tomohon.

Ketiga peserta yang lolos di tingkat Provinsi tersebut akan bertarung di tingkat Nasional memperebutkan juara OSN tahun 2015 bulan mei mendatang. menurut Bpk. Irawan Tanudirjo, salah satu pembimbing olimpiade di SMAN 9 Manado, peserta sudah disiapkan sejak bulan Oktober 2014 lalu. Dengan mendatangkan pelatih dari luar dan dalam kota Manado. Selain ada juga dari pihak guru di sekolah. Namun kendalanya ada beberapa siswa yang kurang serius dalam pelatihan sehingga tidak maksimalnya perolehan juara yang seharusnya bisa dimenangkan oleh mereka. Serta waktu pelatihan yang kurang dikarenakan waktu telah banyak dipakai untuk KBM Kurikulum 2013 saat ini membuat persiapan bisa dikatakan minim. para peserta waktunya lebih banyak tersita untuk waktu belajar dikelas serta ekskul lainnya. Diharapkan hal ini dapat diatur lagi agar supaya hasil mendatang jauh lebih baik dari sekarang.

Diharapkan nanti pada kejuaraan OSN di tingkat Nasional nanti ketiga peserta yang akan bertanding dapat mengharumkan nama sekolah tercinta kita SMAN 9/Binsus Manado. Semoga Sukses!

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top