You are here:

TIM DEBAT SMAN 9 MANADO BERLAGA DI PENTAS PAI TKT. PROV. SULUT

7

Rayhan, Aldy dan Merari bersama ust. Supriadi

SMAN9 ROHIS, (29/12) – Salah satu program Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI adalah menyelenggarakan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Nasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik muslim di lingkungan sekolah dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan minat, bakat dan kemampuannya di bidang PAI juga memperkokoh aspek Emotional Quotient (EQ) dan aspek Spiritual Quotient (SQ).
Guna menunjang program tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Utara menyelenggarakan kegiatan PENTAS PAI Tkt. Prov. Sulut yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Desember 2014 di Wisma Haji Tuminting Manado. Kegiatan yang diikuti 15 Kabupaten/Kota se Sulut itu melombakan 4 cabang lomba tkt. SD, 5 cabang lomba tkt. SMP dan 6 cabang lomba tkt SMA dan SMK.
Ketua Panitia, Drs. Nasri Sakamole,M.Si mengungkapkan bahwa sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, pengelolaan pendidikan agama dilaksanakan oleh Menteri Agama dan bertujuan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Hal ini ditunjang dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah disebutkan bahwa pendidikan agama dapat diberikan dalam bentuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler seperti lomba-lomba atau kompetisi.
Sebagaimana tahun sebelumnya, SMAN 9 Manado yang melaju hingga ke Tkt. Nasional, kali ini juga mencatatkan peserta dalam ajang tahunan tersebut. Meskipun untuk Tahun 2014 ini tidak diselenggarakan tkt Nasional, namun tidak menyurutkan semangat Raihan Dilapanga dan Rivaldy Danupoyo yang berlaga di Lomba Debat PAI dan Merarie Salsabila dalam Lomba Pidato untuk terus berlatih dan menajamkan wawasan hingga saat lomba digelar. Baik Raihan, Aldy dan Merarie, ketiganya adalah Pengurus Rohis SMAN 9 dan masih duduk di kelas XI.
Guru pendamping, Supriadi,S.Ag., M.Pd.I mengutarakan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi bagi peserta didik muslim dalam mengikuti Pendidikan Agama Islam secara keseluruhan dan secara khusus memotivasi untuk mengembangkan bakat ketrampilan dan seni Agama Islam dalam rangka mewujudkan budaya keberagaman di sekolah yang pada gilirannya dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Kak Ippy

Islamic teacher who always keep fight to spread goodness, also like writing and traveling

Back to Top