You are here:

Jaringan Epitelium pada Hewan

SMAN9, (5/12) – Jaringan epitelium (epi permukaan), yaitu jaringan yang menutupi dan membatasi permukaan bagian tubuh yang berupa organ, rongga, dan saluran, baik yang terletak di dalam maupun di luar tubuh.

Jaringan Epitelium pada Hewan

Jaringan epitel atau epitelium memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai letaknya di dalam tubuh. Epitelium pipih berfungsi untuk melindungi dan membalut jaringan yang terletak di bawahnya, misalnya epitelium pipih yang terdapat di permukaan kulit. Sementara itu, epitelium silindris dan kubus berfungsi sebagai membran permeabel yang menjadi lalu lintas zat. Contoh epitelium silindris pada saluran usus halus untuk menyerap sari makanan, atau epitelium pada nefron yang banyak dilalui oleh urin primer. Epitelium kelenjar berfungsi sebagai penghasil getah yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Di samping itu, ada pula epitelium yang berfungsi untuk menerima rangsang, disebut epitelium penerima. Epitelium ini banyak terdapat di sekitar indra, seperti epitelium sensori di sekitar neuron dan retina mata.

Jaringan epitel dapat berupa membran dan dapat pula berupa kelenjar. Jaringan epitel dipisahkan dari jaringan ikat di bawahnya oleh selaput tipis yang disebut membran dasar (lamina basal). Membran dasar ini tersusun atas serat-serat kolagen yang melekat pada suatu matriks. Membran dasar berfungsi untuk menyokong jaringan epitel.

Berdasarkan letaknyapada bagian tubuh, jaringan epitel terbagi menjadi epidermis, endotelium, dan mesotelium. Epidermis adalah jaringan epitel yang terletak pada bagianbagian tubuh terluar, berfungsi sebagai pelindung paling luar. Endotelium adalah jaringan epitel yang membalut organ-organ dalam tubuh. Jaringan mesotelium merupakan jaringan epitel yang melapisi bagian-bagian tubuh yang berbentuk rongga.

Dari susunan sel-sel yang menyusunnya jaringan epitel dengan mudah dapat dikenali. Ciri jaringan epitel, yaitu sel-selnya tersusun sangat rapat sehingga hampir tidak terdapat ruang di antara sel-selnya. Macam jaringan epitel biasanya dibagi berdasarkan bentuk sel dan jumlah susunannya dalam lapisan.

Secara umum, berdasarkan sel-sel yang menyusunnya, jaringan epitel dibedakan menjadi tiga, yaitu epitelium pipih atau gepeng (squamous), epitelium kubus (kuboid), dan epitelium batang (silindris).

 

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top