You are here:

Sekolah Segudang Prestasi

SMAN9, (13/11) – Sekolah segudang prestasi, mungkin nama itu tepat untuk disematkan kepada SMA Negeri 9 Manado. Dalam waktu hampir bersamaan SMA Negeri 9 / Binsus Manado mengikuti beberapa Lomba di tingkat nasional. Salah satunya yakni Olimpiade Bahasa Perancis Nasional, Pertandingan Futsal dan Teater. Berikut ulasannya.

Olimpiade Bahasa Perancis Nasional

Atas Undangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) maka pada tanggal 22-24 Oktober 2014, SMA Negeri 9 Binsus Manado mengikuti Lomba Olimpiade Bahasa Perancis Nasional di Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh peserta se-SMA di Indonesia yang terpilih. Ada dua kategori perlombaan yang dilombakan yakni Cerdas Cermat Bahasa Perancis dan Memasak masakan Perancis. Ada 35 peserta yang mengikuti Cerdas Cermat Bahasa Perancis dan 15 peserta Memasak Masakan Perancis.

Untuk lomba cerdas cermat SMAN 9 Binus dibagi menjadi dua tim yaitu: Tim pertama terdiri dari Ester Assa, Christy Sondakh, dan Tifa Dwiratu. Tim kedua terdiri dari Reza Amba, Debora Munaiseche, dan Imanuel Lumanau. Kedua tim hanya bisa mencapai semifinal dalam perlombaan ini. Kedua tim ini harus berhadapan dengan tim elit dari pulau jawa, suatu usaha yang bukan gampang. Menurut Ibu Fitje Manopo Guru Bahasa Perancis SMA Negeri 9 Manado dan Pembimbing Tim, sebenarnya ada peluang masuk final dan juara namun kendalanya materi yang diberikan dalam lomba bersifat umum,ctidak terperinci dan tidak seperti yang dipelajari dalam materi siswa pada umumnya. Serta masalah kecepatan dalam menjawab soal-soal. Namun begitu salut buat usaha mereka.

Tim Cerdas CermatTim Cerdas Cermat yang sementara bertanding

Tidak demikian dengan Kedua Tim memasak masakan Perancis, SMA Negeri 9 Binsus menjadi juara umum dalam lomba memasak masakan Perancis. Tim yang dibagi dua yakni Tim Pertama terdiri dari Ester Assa, Tifa Dwiratu, Debora Munaiseche dan Tim Kedua yaitu Reza Amba, Christy Sondakh, dan Reza Lufna Fauziah berhasil memenangkan lomba tersebut dengan meraih Juara 1 dan Harapan 1. Sebuah prestasi yang membanggakan. Juara kedua disusul SMA Bunda Rankiang Bogor, diusul ketiga SMAN Prambanan Yogyakarta dan Harapan 1 SMAN 9 Manado dari Tim Kedua. Mereka menang dengan masakan perancis bernama SALADE NIÇOISE. Masakan ini merupakan masakan yang umum ditemui di negara asalnya Perancis.

20141024_091435Tim A Masakan Perancis

20141024_091421Tim B Masakan Perancis

20141024_153310Kemenangan Tim A (juara 1) dan Tim B (harapan 1) dalam Lomba

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b0/Salade_nicoise.jpg

SALADE NIÇOISE, masakan Perancis yang dibuat Tim A

Para Juri Lomba ini berasal dari Kedutaan Perancis untuk Yogyakarta dan Dosen UNY Yogyakarta. UNY sendiri merupakan salah satu Universitas terbaik di Yogyakarta. Dan mereka mengundang SMA Negeri 9 Manado dikarenakan prestasi Bahasa Perancis yang banyak disandang oleh Sekolah ini terutama dari kelas Binsus. SMA Negeri 9 Manado menjadi satu-satunya perwakilan SULUT dalam ajang Lomba Olimpiade Bahasa Perancis Tersebut. Suatu kebanggaan bukan?

Pelatihan dilakukan selama sebulan sebelum berangkat. Waktu yang cukup singkat untuk sebuah lomba seperti ini. Kendalanya hanya pada masalah biaya operasional dan akomodasi tim. Sebab sekolah hanya menanggung biaya pendaftaran dan uang saku peserta. Dan hal tersebut bisa ditanggulangi dengan melakukan pencarian dana donatur. “Untuk kedepannya harus ada persiapan waktu lebih banyak lagi bagi peserta Olimpiade Bahasa Perancis agar bisa membawa hasil yang lebih memuaskan” begitu saran dari ibu Dra. Fitje Manopo.

 

Pocary Sweat Futsal Championship

Setelah menang dan menjadi juara 1 pada lomba Pocary Sweat Futsal di Manado, Tim Futsal SMA Negeri 9 Manado berkesempatan menjadi bagian dari 16 besar Tim yang akan bertanding dalam kejuaraan Pocary Sweat Futsal Championship yang berlansung di GOR C-Tra Arena Bandung dari tanggal 29 Oktober – 1 Nopember 2014. Kejuaraan sepakbola yang diikuti oleh 16 SMA/SMK se-Indonesia ini diselenggarakan oleh Pocary Sweat, sebuah brand minuman asal Jepang.

Tim Futsal SmanixTim Futsal SMANIX 2014

SMA Negeri 9 Manado menjadi satu-satunya perwakilan tunggal SMA dari Sulawesi Utara. Tim SMANIX berada dalam satu Grup dengan SMA Pelita 2 Jakarta dan SMA Negeri 2 Mataram dalam Grup D.

Tanggal 30 Nopember 2014 SMAN9 Manado berhadapan dengan SMA Pelita 2 Jakarta. Hanya dalam waktu 2 menit gawang SMA Pelita 2 Jakarta dibobol oleh Juan Koagouw, sebuah gol tercepat dan menjadi moment terbaik bagi tim SMANIX sebutan untuk SMAN9 Manado. Namun sayangnya gol tersebut dapat dibalas dimenit-menit akhir pertandingan oleh tim lawan dan kekedukan menjadi sama 1 – 1 sampai babak pertama usai. Pada babak kedua score menjadi 5 – 4 untuk SMANIX, tapi lagi-lagi tim lawan bisa membalas dan menyamakan kedudukan menjadi 5 – 5. Hasil ini tidak berubah sampai akhir babak kedua selesai.

Gol pertamaGol tercepat yang dimasukan oleh Juan Koagouw

Pada tanggal 1 Nopember 2014 giliran SMK Negeri 2 Mataram berhadapan dengan Tim SMANIX. Pada babak awal pertandingan tim SMANIX kebobolan terlebih dahulu dari tim lawan. Tapi pada akhirnya SMANIX dapat menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1 sebelum babak pertama berakhir. Pada babak kedua SMANIX unggul menjadi 3 – 2 namun lagi-lagi sayang kedudukan ini tidak dapat dipertahankan oleh tim SMANIX, gol berubah menjadi 3 – 3 pada detik-detik akhir pertandingan. Sungguh sangat disayangkan. Hasil ini membuat tim SMANIX hanya berada pada posisi Runner Up di Grup D.

Tim FutsalTim SMANIX dalam aksi hari kedua

Hasil ini membuat tim SMANIX harus pulang kampung lebih cepat. Menurut para pemain kekalahan mereka disebabkan stamina dan fisik lawan lebih unggul. Dan ini merupakan pertandingan perdana mereka di luar daerah. Mereka harus berhadapan dengan tim-tim terbaik setiap regional. Walau demikian mereka mampu bersaing dengan hasil imbang bahkan membuat tim lawan kesulitan dan mampu memasukan gol lebih dulu.

Pelatih Tim SMANIX , Wiemfriets A. Ratu berkomentar bahwa tim mereka telah melakukan yang terbaik bahkan bersaing dengan tim kuat lainnya dan bersikap sportif. “Anak-anak bermain dengan sangat baik, mereka mampu bersaing dengan tim sekolah terbaik di setiap daerah yang diwakilinya. Terlebih lagi mereka mampu bersaing dengan sikap sportifitas yang tinggi.” Katanya.

Tim SMANIX rata-rata masih duduk dikelas X dan XI. Menjadi ungulan tersendiri karena tim yang lain rata-rata pemainnya sudah kelas XII dan akan selesai studi tahun depan. Jadi masih ada kesempatan tahun depan. “Tim Futsal SMAN 9 Manado mampu bersaing dengan tim yang lain. Menjadi satu keunggulan untuk kami ditahun yang akan datang karena tim-tim dari daerah lain pada umumnya sudah duduk dikelas XII yang akan menjadi peserta Ujian Nasional tahun depan. Sedangkan anak-anak kami masih duduk di kelas X dan XI. Jadi harapannya tahun depan Tim Futsal SMAN9 Manado mampu meraih gelar juara “ kata Bapak Meidy Tungkagi selaku Pembina Tim. Yah, ini hanya awal, kita berharap kedepan mereka bisa menjadi tim terbaik dalam arena pertandingan ini nanti.

Suporter Heboh SMANIXSuporter “Fanatik” dari Tim SMANIX

Di antara seluruh suporter tim yang bertanding yang menarik perhatian adalah tim suporter SMA Negeri 9 Manado. Kehadiran mereka membuat GOR C-Tra Arena Bandung menjadi hiruk-pikuk. Walau kurang penonton namun mereka mengubah suasana tempat bertanding itu menjadi heboh dan meriah. Mereka didukung oleh Tim Teater SMAN 9 Manado yang baru selesai bertanding di Bali.

Tim Futsal
Kiri ke kanan Atas: Rizal Laida, Jauhar Munandar, Josua Monijung, Jeksen Najoan, Mohamad Sanali, Hizkia Najoan, Juan Koagouw.
Kiri ke kanan Bawah: Christky Lumi, Riko Palundun, Zainal Madiu, Sultan Umsohi, Vieri Soputan

 

6th Equilibrium Theatre Competition 2014 (EteC)

Kompetisi Teater Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Bali atau 6th Equilibrium Theatre Competition 2014 (EteC) Berlangsung dari 26 Oktober sampai 1 Nopember 2014 bertempat di Gedung Ksiarnawa Taman Budaya Art Center Bali. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Peserta dari SMAN9 Manado yang ikut sebanyak 17 orang.

Dalam kompetisi ini Tim Teater melakukan pentas dengan tema Pemimpin. Penampilan ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 15 menit. Tim Teater SMAN 9 Manado sayangnya tidak menjuarai kompetisi ini, namun patut di apresiasi keikutsertaan mereka di tingkat nasional ini karena lawan mereka adalah sekolah unggulan di setiap daerah di Indonesia. Tidak semua sekolah dapat mengikuti kompetisi ini. Dan diharapkan tahun-tahun yang akan datang tim ini dapat mengikuti lomba dengan persiapan matang dan tim yang solid.

Berikut Nama-nama ke 17 orang dalam Tim Teater yang bertanding di EteC:

Anggota:

  1. Jade Manopo
  2. Denise R. Oroh
  3. Muliana Datu
  4. Claudia Makalew
  5. Nikita Lesawengan
  6. Yetrida Papia
  7. Kintan Mandei
  8. Pratiwi Laminullah
  9. Tri Maharani Ibrahim
  10. Kintan Talete
  11. Masyeba Dotulong
  12. Risko Kaunang
  13. Mevery Makagansa
  14. Enicar Nangoy
  15. Elisabeth Kalumata
  16. Anathassia Paendong
  17. Frenly Karundeng

Sutradara:  Yetrida Papia

Guru Pendamping:

  1. Elisabeth J. Mangapeng, SPd
  2. Jhony Sangeroki
  3. Lieke Wowiling
  4. Dra. Magritje F. I. Laloan
  5. Stella Saerang S.Pd
  6. Mona H. Iroth, S.Pd
  7. Sherly Kereh
  8. Dra. Vera Ch. Makikui

 

Berikut daftar prestasi yang ditorehkan siswa-siswi SMAN 9 BINSUS Manado selama Tahun 2014:

PRESTASI SISWA SMA NEGERI 9 BINSUS MANADO 2014

NO.
NAMA SISWA BIDANG KEJUARAN JENIS MEDALI TINGKAT TEMPAT
1 REZA TENDEAN OLIMPIADE FISIKA PERAK NASIONAL BANDUNG
2 REZA TENDEAN OLIMPIADE FISIKA ASIA KOREA
3 CLEAFERT WALANDOW OLIMPIADE EKONOMI PERUNGGU NASIONAL KUPANG NTT
4 JOSUA MUSTIKO OLIMPIADE KOMPUTER PERUNGGU NASIONAL KUPANG NTT
5 FABIAN KOJO OLIMPIADE SENI PERAK NASIONAL YOGYAKARTA
6 NINE VOICE PADUAN SUARA EMAS ASIA SINGAPURA
7 STARY BAGUNA SISTEL PUTRI JUARA 1 KOTA MANADO MANADO
8 MERDIKE TOOY SISTEL PUTRI JUARA 2 KOTA MANADO MANADO
9 BRIAN RENGKUNG SISTEL PUTRA JUARA 2 KOTA MANADO MANADO
10 MARLIEF NAJOAN SEPAK BOLA U 14 PEMAIN TERBAIK DUNIA INGGRIS MANCHESTER UNITED
11 FABIAN KOYA BINTANG RADIO/TU JUARA 1 NASIONAL KUPANG
12 KEREN DAMIMA OLIMPIADE KARATE JUARA 1 NASIONAL JAKARTA
13 KARISA NADA OLIMPIADE KARATE JUARA 1 NASIONAL JAKARTA
14 THRISYA GULLA OLIMPIADE PASAR MODAL JUARA 2 SULUT MANADO
15 TIM OLIMPIADE BHS PERANCIS OLIMPIADE BHS PERANCIS JUARA 1 NASIONAL YOGYAKARTA

 

NO. NAMA KEGIATAN
1 FUTSAL JUARA 1 SULUT GRAND FINAL NASIONAL DI BANDUNG 29 OKTOBER – 2 NOPEMBER 2014
2 SYAGUNG MAY MEWAKILI SULUT KE TINGKAT NASIONAL PARLEMEN REMAJA DPR/MPR RI
3 JUARA UMUM XPRESSI PARTY 2014
4 JUARA III BASKET PUTRI SULUT
5 JUARA I DAN 2 DEBAT BAHASA INGGRIS TINGKAT PROPINSI DI UNIMA
6 FINALIS DEBAT BAHASA INGGRIS TINGKAT NASIONAL DI UNIVERSITAS INDONESIA JAKARTA
7 MERDIKA TOOY MEWAKILI SULUT DALAM LAWATAN SEJARAH TINGKAT NASIONAL SUMATRA BARAT
8 JUARA I DANCE PROPINSI SULUT

 

 

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top