You are here:

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

SMAN9, (9/11)

 

 

A. PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pertumbuhan adalah proses menambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh makhluk hidup yang biasanya bersifat kuantitatif (dapat dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini kebanyakan dapat dilihat dari fisik makhluk hidup itu sendiri. Proses pertumbuhan dapat terjadi karena adanya pertambahan jumlah sel karena pembelahan sel. Umumnya pertumbuhan akan terbatas pada usia, artinya pada usia tertentu makhluk hidup akan terhenti pertumbuhannya. Contoh pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi badan seseorang.


Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak dapat digambarkan dengan angka, lebih dilihat dari segi fungsionalnya) untuk menjadi makhluk yang sempurna seutuhnya. Perkembangan, tidak terbatas pada usia, artinya makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya. Contoh perkembangan adalah proses seorang manusia dari lahir hingga mampu berbicara, berdiri, dan berjalan.

 

B. PERBEDAAN PERTUMBUHAN DENGAN PERKEMBANGAN

PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN
Bersifat Kuantitatif (bisa digambarkan dalam bilangan) Bersifat Kualitatif (tidak dapat digambarkan dengan bilangan)
Terlihat dari keadaan fisik Terlihat dari sifat dan kemampuan
Memiliki batasan usia Tidak terbatas oleh usia
Bersifat Irreversible (tidak dapat balik) Bersifat Reversible (Bisa balik)
Dipengaruhi pembelahan sel tubuh Dipengaruhi pengalaman

 

C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Secara umum, faktor yang mempengaruhi makhluk hidup dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

 

1. Faktor Internal (dalam Tubuh) 

 

a. Genetik

Gen adalah faktor pembawa sifat pada makhluk hidup yang akan menurun pada keturunan makhluk hidup tersebut. Gen akan mempengaruhi ciri fisik dan juga sifat makhluk hidup, oleh karena itu gen akan berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Disini setiap spesies dari makhluk hidup memiliki sifat dan ciri tertentu yang akan diturunkan pada keturunannya. Contohnya cukup sederhana, tidak ada burung yang melahirkan anak yang kemudian akan tumbuh menjadi kucing, nah ini disebabkan adanya pengaruh genetik terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

 

b. Hormon

Hormon adalah senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Meskipun jumlahnya sedikit didalam tubuh makhluk hidup, namun hormon memiliki fungsi yang nyata terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Contohnya pada manusia, penyakit anak yang terganggu pertumbuhan dan perkembangannya karena kekurangan Growth Hormon yang dihasilkan hipofisis anterior. Anak ini akan terganggu kecepatan pertumbuhannya.

 

c. Nutrisi (Makanan)

Kami rasa secara umum sahabat sudah paham bahwa nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Contohnya pada manusia dan hewan yang kekurangan nutrisi akan terlihat kurus dan terganggu pertumbuhan tingginya.

Ada 3 nutrisi yang harus terpenuhi agar tubuh bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Untuk mengetahui bagaimana metabolisme karbohidrat lemak dan protein dalam tubuh silahkan sahabat mengunjungi tiga artikel kami ini :

 

2. Faktor Eksternal (Luar Tubuh)

 

a. Suhu

Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan dengan suhu tertentu agar pertumbuhan dan perkembangannya normal. Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia terlihat akan optimal apabila tubuhnya dalam kisaran suhu 36,5-37,6 derajat celcius. Sedangkan tumbuhan menunjukan ketergantungan lebih terhadap suhu, contohnya tumbuhan akan kering pada terik matahari walaupun kebutuhan airnya tercukupi.

 

b. Cahaya

Cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, karena adanya proses fotosintesis.

 

c.Kelembaban, Air, dan Tanah

Intinya berbagai faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup adalah bagaimana keadaan lingkungan makhluk hidup tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA :

  • Mikrajuddin, dkk. 2007. IPA TERPADU Untuk Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga
  • Saktiyono.2006. IPA BIOLOGI Untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
  • Wasis; Yuli Irianto, Sugeng. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII  Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top