You are here:

Pelatihan Calon Pendamping Implementasi Kurikulum 2013

SMAN9, (5/11) – Pelatihan Calon Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 di aula SMA Negeri 9 Manado yang berlangsung dari tanggal 22-24 Oktober 2014 lalu telah selesai. Saat ini seluruh peserta pelatihan telah berada pada pelatihan di tingkat kluster dari 3 Kluster yang ada.

Kepsek SMAN9

Pengembangan Kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum sebelumnya, juga bertujuan untuk mendorong peserta didik dan siswa, agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan atau mempresentasikan, apa yang diperoleh atau diketahui oleh siswa setelah menerima materi pembelajaran.

Tujuan Pelatihan Calon Pendamping Implementasi Kurikulum 2013 adalah agar peserta pelatihan dapat memahami materi pelatihan berupa konsep dan implementasi kurikulum 2013 dan strategi pelaksanaan pelatihan sehingga dapat melakukan pendampingan dengan baik kepada guru di SMA masing-masing anggota kluster.

Hasil yang diharapkan dalam pelatihan ini adalah agar peserta mampu mewujudkan hasil berupa analisis buku dan buku siswa sesuai jenjang dan mata pelajaran yang diampu, membuat rancangan model pembelajaran dan cara penilaiannya, membuat contoh RPP untuk jenjang sesuai jenjang dan mata pelajaran yang diampu, serta membuat contoh laporan hasil penilaian pembelajaran untuk rapor.

Galeri gambar pelaksanaan Pelatihan Calon Pendamping Implementasi K13

Pembicara K13

Pelatihan K13

Kelompok K13

Keg Pendampingan

Grup K13

Peserta pelatihan berjumlah 33 orang dari 14 SMA se-manado yang dibagi dalam 3 kluster, yakni Kluster SMA Negeri 9 Manado dengan 16 peserta, Kluster SMA Kristen Eben Haezer Manado dengan 8 peserta, dan Kluster SMA Katolik Rex Mundi Manado dengan 9 peserta.

“Para guru dalam peserta ini diharapkan bisa menjadi pendamping nantinya dalam proses penerapan kurikulum K13 di sekolanya masing-masing” Kata Ibu Asni Mailantang, salah satu panitia Pelatihan Calon Pendamping Implementasi K13 di SMAN9 Manado.

Pelatihan ini sesuai dengan program Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 oleh Direktorat Pembinaan SMA tahun 2014 untuk memperkuat pelaksanaan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di 12.663 SMA di seluruh Indonesia. Acara ditutup pada hari jumat, 24 Oktober 2014  oleh Ibu Kepala Dinas Diknas Kota Manado Ibu Corry Th. Tendean, SH.

Keg_PendampinganPenutupan Pelatihan Calon Pendamping Implementasi K13

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top