You are here:

Pengertian Penawaran Uang berdasarkan ilmu ekonomi

SMAN9, (23/10) – Apakah pengertian penawaran uang atau money supply? Penawaran uang menurut pengertian secara umum merupakan jumlah uang yang  telah beredar dalam perekonomian seuatu negara pada rentang periode tertentu, atau lebih sederhananya penawaran uang dapat dimaknai sebagai jumlah uang yang beredar.  Menurut salah satu tokoh ekonomi indonesia yaitu Sadono Sukirno, mengartikan penawaran uang dalam dua cakupan yaitu pengertian penawaran uang dalam cakupan yang sempit dan pengertian penawaran uang dalam cakupan yang luas.

Penawaran uang dalam pengertian yang sempit dimaknai sebagai jumlah uang kartal dan jumlah uang giral yang beredar dalam periode tertentu, Pengertian penawaran uang dalam arti sempit dalam ilmu ekonomi dilambangkan dengan lambang “M1”. Pengertian penawaran uang dalam dalam cakupan yang luas diartikan sebagai jumlah uang kartal, jumlah uang giral dan jumlah uang kuasi yang beredar dalam periode tertentu, pengertian penawaran uang dalam arti luas dilambangkan dalam ilmu ekonomi dengan lambang M2. Apakah uang kuasi itu? uang kuasi merupakan uang yang masih tersimpan pada bank dalam bentuk tabungan, benuk deposito berjangka dan maupun dalam bentuk tabungan valuta asing milik swasta domestik atau swasta dalam negeri. Jumlah  Uang kuasi harus diperhatikan ketika melakukan pengamatan dan menganalisis keadaan perekonomian sebuah negara, Hal ini karena jumlah uang kuasi tersebut menunjukkan kemampuan masyarakat dalam menciptakan permintaan agregat. Dengan kata lain, uang kuasi menjadi salah satu elemen yang menunjukkan daya daya beli masyarakarat yang dalam waktu singkat dapat diuangkan untuk melakukan pembelian barang dan jasa.

definisi penawaran uang menurut ahli ekonomi

Penawaran uang atau money supply dalam ekonomi sering disebut dengan istilah “uang beredar”. Jadi, ketika kalian menonton berita di televisi atau mendengar berita di radio  tentang istilah “uang beredar” maka itu istilah tersebut maksudnya adalah “penawaran uang” atau “jumlah uang yang beredar”. Mungkin anda berfikir dan bertanya mengapa pengertian penawaran uang dibedakan dalam dua pengertian yaitu pengertian dalam arti sempit dan pengertian dalam arti luas? Penggolongan penawaran uang dalam arti sempit bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar jumlah uang yang dapat digunakan untuk melancarkan transaksi perdagangan. Sedangkan penggolongan penawaran uang dalam arti luas memiliki dua manfaat, yang pertama adalah untuk mengetahui seberapa besar jumlah uang yang dapat digunakan untuk  melancarkan transaksi perdagangan yang kedua bermanfaat untuk mengetahui berapa jumlah uang yang dalam waktu singkat dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa.

Selain istilah “uang beredar”,  mungkin anda pernah mendengar istilah “mata uang dalam peredaran”. Apakah istilah uang beredar dan istilah mata uang dalam peredaran memiliki makna yang sama? Jawabannya tidak, antara uang beredar dan mata uang dalam peredaran memiliki makna yang berbeda.  Istilah “uang beredar”  memiliki arti yang sama dengan “penawaran uang”, sedangkan istilah “mata uang dalam peredaran” diartikan sebagai jumlah uang kartal yang beredar pada waktu tertentu dalam perekonomian. Jadi, “mata uang dalam peredaran” merupakan salah satu komponen dari “uang beredar”, karena komponen dari uang beredar atau penawaran uang ada tiga yaitu  uang kartal, giral dan uang kuasi.

Demikian pembahasan tentang pengertian penawaran uang. Semoga bermanfaat.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top