You are here:

Warna Favorit Menguntungkan Koloni Lebah

SMAN9, (22/10) – Punya warna favorit ternyata menguntungkan. Sebagai manusia, Anda mungkin belum menyadari apa dampak memiliki warna favorit, namun di dunia hewan khususnya koloni lebah hal tersebut sudah terbukti bermanfaat.

Seperti halnya manusia, lebah juga punya warna favorit. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa lebah besar jenis Bombus terrestris cenderung menyukai warna ungu. Kecenderungan ini sepertinya turun-temurun dan warna ungu mungkin tanda sumber makanan yang melimpah.

Dalam sebuah percobaan, para peneliti mengumpulkan 9 koloni lebah yang hidup liar di bagian selatan Jerman dan menghadapkannya pada bunga buatan berwarna ungu dan biru di laboratorium. Bunga yang ditiru dipastikan dari lokasi lain yang belum pernah dijamah tawon-tawon tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa lebah-lebah dari jenis yang paling banyak ditemui di daratan Eropa tersebut lebih suka mendekati bunga berwarna ungu daripada bunga berwarna biru.

Tawon-tawon tersebut lalu dilepaskan ke kebun bungan aslinya. Sebagain besar tawon yang hinggap di buanga berwarna ungu ternyata masing-masing mengumpulkan lebih banyak nektar dibandingkan lebah yang memilih bunga biru. Hal ini menunjukkan bahwa lebah-lebah tersebut secara insting mengetahui bahwa bunga berwarna ungu menghasilkan nektar lebih banyak.
“Seperti biasa Anda katakan kepada teman, setiap orang memiliki warna favorit, dan sekarang kita menemukan bahwa hal tersebut mungkin bermanfaat,” ujar Nigel Raine, ahli ekologi evolusi dari Universitas London, Inggris. Ia melaporkan hasil penelitiannya dalam jurnal online PLoS ONE edisi 20 Juni

Pada penelitian-penelitian sebelumnya telah diketahui bahwa beberapa jenis hewan punya warna favorit, bau, dan tanda-tanda lainnya terutama saat memilih pasangan hidup. Namun, belum banyak penelitian yang menunjukkan hubungannya dengan pemilihan sumber makanan.

Temuan Raine menunjukkan bahwa lebah mengembangkan kesukaannya terhadap warna sebanding dengan besarnya kandungan nektar pada bunga-bunga di sekitarnya. Tentu saja, warna ungu dan biru adalah warna bunga yang umumnya paling banyak menghasilkan nektar.

Hubungan ini mungkin juga berlaku pada jenis-jenis hewan lainnya. Misalnya, pada monyet yang mungkin lebih menyukai warna kemerah-merahan agar dapat lebih mudah menemukan buah-buahan di antara kelebatan hutan yang serba hijau.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top