You are here:

KEGIATAN-KEGIATAN MENYAMBUT DIES NATALIS SMAN9/BINSUS MANADO

SMAN9, (4/10) – Dalam rangka menyambut Dies Natalis SMA Negeri 9/Binsus Manado yang ke-23 yang jatuh pada tanggal 22 September 2014 dan puncaknya di adakan pada 7 Oktober 2014 maka diadakan beberapa kegiatan di SMA Negeri 9/Binsus Manado seperti Bazar, Debat Bahasa Indonesia, dan Jalan Sehat.

Bazar

slider
images not found
Salah satu kegiatan yang diselenggarakan Panitia adalah Bazar SMA Negeri 9 yang berlokasi di Lapangan Basket Binsus. Bazar kali ini menyuguhkan beberapa jualan khusus makanan dan minuman ringan. Seperti kue basah, kue kering, minuman hasil racikan seperti pop ice, puding, dan lain sebagainya. Penjualannya ditujukan untuk siswa-siswi SMA Negeri 9/Binsus Manado. Dan hasil penjualan ini akan digunakan untuk kegiatan puncak Dies Natalis Sekolah nanti. Stand penjualan dibagi dua sisi yang berseberangan. Stand untuk siswa-siswi Reguler saling berhadapan dengan stand siswa-siswi Binsus. Ini tentu sedikit membut persaingan penjualan bagi kedua pihak. Namun karena setiap kelas ingin mendapatkan banyak hasil penjualan maka terjadilah persaingan antar stand tersebut. Setiap kelas memiliki stand masing-masing dengan variasi penjualan yang berbeda. Setiap kelas berusaha menarik pelanggan dengan berbagai cara karena ingin mendapatkan banyak keuntungan.

Kegiatan ini turut disponsori oleh Telkomsel Loop dengan Tema Digital Video & Editing Writing sehingga menambah meriah suasana kegiatan Bazar. Kemeriahan memuncak takala ada atraksi seorang siswa Binsus dan Guru SMA Negeri 9 di tengah lapangan. Atraksi tarian selfie yang “seksi” mereka membuat seluruh siswa-siswi memenuhi lapangan tempat diadakan Bazar tersebut sambil histeris kegirangan.

Acara Bazar ini berakhir sekitar pukul satu siang dan seluruh siswa diminta untuk mengosongkan lapangan serta menjaga kebersihan sekolah. Bazar ini diadakan selama dua hari dari 2-3 Oktober 2014 dengan lokasi yang sama di Lapangan Basket Binsus.

Debat Bahasa Indonesia

DEBAT BAHASA INDONESIA

Debat Bahasa Indonesia di aula SMA NEGERI 9 MANADO

Selain Bazar, dilaksanakan juga Lomba Debat Bahasa Indonesia oleh Panitia Dies Natalis. Dengan mengundang beberapa sekolah dari beberapa wilayah di Propinsi Sulawesi Utara. Peserta Lomba dengan antusias mengikuti debat ini termasuk tuan rumah SMA Negeri 9/Binsus Manado.

Menurut Ketua Panitia Bryan Rengkung, debat ini diikuti oleh 54 peserta dari beberapa sekolah yakni dari SMAN 1 Manado, SMAN 7 Manado, SMK 1 Manado, MIS Minahasa Utara, Dob Bosco Manado, SMA Kr. Binsus Tomohon dan SDH Manado. Juara dalam debat ini adalah dari SMK Negeri 1 Manado. Juri yang menilai lomba ini berasal dari SREDS (Sam Ratulangi English Debating Society). SRED Sendiri merupakan komunitas dabat yang berasal dari Universitas Sam Ratulangi Manado dibawah pimpinan Bidang Penalaran Akademik Unsrat. Anggotanya sekitar 50an mahasiswa Unsrat. Mereka pernah mengikuti English National Debating di Batam dan ranking 19 komunitas terbaik di Indonesia dan pernah urutan kedua Nasional dalam Lomba Debat Bahasa Inggris di Makassar. Mereka memiliki Akreditasi Nasional sebagai juri dan pernah menjadi juri dalam Lomba Hari Persatuan Temaja GMIM di Minahasa. Menurut Rian Gultom salah satu Juri di Lomba ini, walaupun mereka dari komunitas debat Bahasa Inggris namun bisa melakukan penjurian dalam lomba debat Bahasa Indonesia karena cara penilaiannya sama hanya berbeda pada bahasanya saja. Berikut nama para juri di Lomba Debat Bahasa Indonesia; Inggrid Longdom (Ketua Tim Juri), Rian Gultom (Wakil Ketua Juri), Irene Rumampuk (Wakil Ketua Juri), Rifky Riefat (Wakil Ketua Juri), Ade Astalia Pratiwi (Anggota), Daniel Silaban (Anggota), Michelle Aling (Anggota), dan Karina Rosalina (Tabulating Master).

Juri Debat

Para Juri Debat Bahasa Indonesia

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk menyambut Dies Natalis SMA Negeri9/Binsus Manado. Diharapkan bisa memotivasi seluruh siswa-siswi di SULUT untuk terus mengembangkan diri menggapai prestasi setinggi-tingginya demi kemajuan bangsa dan daerah Sulawesi Utara ini.

Jalan Sehat

Kegiatan jalan sehat untuk menyambut Dies Natalis yang ke-23 SMA Negeri 9 dan Binsus Manado dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA Negeri 9/Binsus Manado serta Guru dan Pegawai yang ada. Rute yang diambil mulai dari gerbang sekolah – jalan piere tendean – belok ke hotel prince – spbu sario – kembali ke arah kampus dan finish di tempat semula. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala SMA Negeri 9 Ibu Dra. Nelly Roosje Tani. Beliau membuka acara tersebut dengan melepas setiap kelompok jalan sehat di garis start depan gerbang sekolah.

Jalan sehat Kepala SMA Negeri 9 bersama Guru dan Staf

Para siswa-sisiwi, guru dan pegawai sudah hadir sejak subuh untuk berkumpul di lapangan reguler. Mereka terlihat mengenakan seragam kelas yang mereka buat bersama. Kemeriahan terlihat ketika mereka mulai masuk ke jalan protokol di sekitar sekolah dan setiap rute yang mereka lewati dengan menyanyi sambil meneriakan yel-yel masing-masing.

Setelah Finish kembali di sekolah, beberapa siswa melakukan aktivitas masing-masing secara bebas. Para guru dan staf tata usaha serta kepala sekolah melakukan acara makan bersama di lapangan basket binsus. Menurut Ibu Dra. M.I.N Sondakh sarapan ini terbilang lezat, menu yang dihidangkan di atas daun pisang ini adalah ubi, jagung, pisang rebus, dll. seperti makan dalam alam terbuka di kebun layaknya yang dilakukan petani di Minahasa.

makan bersama

Makan bersama seluruh Guru dan Pegawai bersama Ibu Kepala SMA Negeri 9 Manado

Kemeriahan Makan Bersama di Lapangan Basket Binsus

Seluruh kegiatan ini untuk menyambut Dies Natalis Sekolah ini masih akan berlangsung sampai senin nanti sebelum akhirnya ditutup pada puncak tanggal 7 Oktober 2014 nanti, kata Ketua Panitia Umum Dies Natalis SMAN 9 Manado 2014 Bpk. Hendra Massie, S.Pd.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top