You are here:

PENGERTIAN PRASEJARAH

SMAN9, (14/8) – Prasejarah adalah zaman atau era ketika manusia belum mengenal tulisan atau era sebelum masehi. Prasejarah dimulai sejak adanya alam semesta, namun yang lebih umum adalah ketika mulai adanya kehidupan manusia di muka bumi.

Prasejarah merupakan bagian dari ilmu sejarah dan permulaan dari sejarah. Berakhirnya era prasejarah tidak sama bagi setiap bangsa, tergantung dari sejak kapan bangsa itu mengenal tulisan. Misalnya, bangsa mesir telah mengenal tulisan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Ini berarti bangsa mesir telah memasuki era sejarah sejak 6000 tahun yang lalu.

Di Indonesia era sejarah dimulai pada abad ke-5 ketika berdirinya kerajaan kutai yang merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti  berbentuk yupa peninggalan kerajaan kutai di tepi sungai mahakam. Karena tidak ada tulisan pada masa prasejarah, maka peninggalan-peninggalan pada era prasejarah tersebut berbentuk paleontologi, astronomi, biologi, geologi, antropologi dan arkeologi.

Kehidupan manusia sudah ada sejak zaman prasejarah dan dibagi dibagi 2 masa, pertama adalah masa pleistosen/pleistocen sekitar 10.000 tahun yang lalu dimana manusia belum mengenal alat bantu untuk mencari makan dan mempertahankan diri. Kedua adalah masa holosen/holocen dimana manusia mulai mengenal alat bantu untuk berburu dan mempertahankan diri. Mereka disebut manusia purba.

Jenis-jenis manusia purba misalnya, meganthropus, meganthropus robustus, pithecanthropus, pithecanthropus mojokertensis, pithecanthropus erectus, pithecanthropus soloensis, dan sebagainya.

Berdasarkan penemuan, kehidupan hewan sudah ada sejak sekitar 65 juta tahun yang lalu, dan mereka disebut binatang purba. Misalnya dinosaurus, tiranosaurus-rex, mammoth, smilodon/sabretooth, coelacanth, deinotheirum, longisquama insiqnis, ambulocetus, chalicotherim, macrauchenia, arthropluera armata, dan sebagainya.

Salah satu tanaman purba adalah tumbuhan pakis yang telah hidup sejak zaman hutan karbon sekitar 65-27 juta tahun yang lalu dan hidup hingga sekarang.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top