You are here:

Senyawa Kimia

SMAN9, (11/8) – Tahukah anda kalau di bumi kita ini terdapat senyawa kimia yang tak terhitung jumlahnya? Jika tidak, mari simak penjelasan tentang senyawa kimia pada postingan kali ini. Sebenarnya ada sangat banyak senyawa kimia di sekitar kita, bahkan tubuh makhluk hidup sendiri tersusun atas senyawa-senyawa yang disebut senyawa organik . Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan sedikt tentang Senyawa yang belum diketahui banyak orang, beberapa hal tersebut ialah tentang Rumus Kimia, Kelompok Senyawa, Sifat-sifat senyawa, Senyawa Organik, dan Contoh senyawa dalam kehidupan.
 
Senyawa

A.Rumus Kimia

Sebelum memulai pembahasan singkat ini, perlu sobat ketahui bahwa senyawa mengandung atom-atom dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia untuk membentuk zat baru yang berbeda. Unsur-unsur pembentuk senyawa dengan perbandingan yang sama inilah yang disebut sebagai rumus kimia, Artinya rumus kimia ini adalah cara untuk menunjukkan perbandingan unsur-unsur di dalam senyawa.Sebagai contoh, rumus kimia untuk air adalah H2O karena setiap dua atom hidrogen terikat dengan satu atom oksigen. Jadi intinya:

Rumus kimia adalah salah satu cara untuk mendeskripsikan susunan usnsur yang membentuk senyawa.(udah di jelasin panjang2 ternyata Cuma segitu initinya hehehe).

 
B.Kelompok Senyawa
Menurut sobat bagaimana sih cara membedakan senyawa-senyawa yang jumlahnya sangat banyak ini? Kalau bagi saya tentu membedakan dan memisahkan mereka berdasarkan ciri-ciri atau persamaan tertentu, sehingga terbagi menjadi beberapa kelompok yang lebih mudah untuk di bedakan. Tentunya ini sudah dilakukan oleh para ahli, bahkan sebelum kita berhasil menemukan jawabannya, dan pengelompokkan senyawa yang telah disusun adalah pengelompokkan berdasarkan sifat kimianya, yaitu kelompok asam dan basa, ada juga yang berdaasarkan atom-atom yang dikandungnya.
 
C.Sifat-sifat Senyawa
Layaknya manusia setiap individu senyawa yang dikelompokkan berdasarkan uraian di atas juga mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, namun tidak jarang sifat ini juga membawa bahaya bagi kita(manusia).Senyawa mempunyai dua sifat utama:
1.Tidak dapat dipisahkan secara fisika.
2.Mempunyai sifat-sifat yang berbeda dari unsur pembentuknya

Masih susah untuk memahaminya ya? Kalau gitu yuk pelajari contoh-contoh berikut, siapa tau dengan memahami contohnya membuat kita mengerti tentang sifat-sifat senyaawa tersebut sehingga kita dapat memanfaatkan pengetahuan ini.

Natrium klorida (garam dapur) adalah suatu senyawa yang terdiri atas klorin (suatu gas beracun) dan natrium (logam yang sangat reaktif).Ketika bergabung menjadi satu, keduanya kehilangaan sifat berbahaya tersebut sehingga menjadi sesuatu yang berguna.
Besi dan Sulfur yang dipanaskan menjadi satu, sehingga membentuk senyawa (besi sulfida) yang juga mempunyai sifat berbeda dengan unsur-unsur aslinya. Tidak seperti besi, besi sulfida tidak bisa ditarik oleh magnet dan tidak juga seperti tepung sulfur. Juga perlu diketahui bahwa ketika keduanya bereaksi, maka besi dan sulfur tidak dapat dipisahkan lagi.
 
D.Senyawa Organik

Seperti yang saya singgung pada pendahuluan semua makhluk hidup tersusun atas senyawa. Nah, senyawa tersebut adalah senyawa organik yaitu senyawa yang mengandung unsur karbon. Senyawa organik ini terdiri dari atom karbon yang terikatt pada unsur-unsur lain,seperti hidrogen dan oksigen. Atom-atom tersebut disatukan oleh ikatan-ikatan kovalen yang kuat. Mungkin penjalasan tentang senyawa organik ini terlalu singkat bagi sobat, jika sobat ingin mengetahui lebih mendetail mengenai senyawa organik ini silahkan baca postingan saya mengenai Pengertian dan Penjelasan Kimia Organik.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top