You are here:

RAMADHAN YOUTH CAMP 2014 ROHIS SMA NEGERI 9 MANADO

rohis logo
ROHIS SMAN9, (21/7) – Ramadhan datang dengan sejuta harapan dan memberikan sebuah pola pembelajaran yang baik bagi orang-orang yang beriman. Pribadi yang baik akan tampak manakala proses belajar melalui pembiasaan itu berlangsung secara kontinyu dan teratur. Kehadiran Ramadhan diantaranya membawa pola pembiasaan berakhlak al-karimah, terutama bagi para peserta didik.
Hal tersebut diungkapkan Pembina Rohis SMA Negeri 9 Manado, Supriadi S.Ag., M.Pd.I., dalam acara Penutupan Ramadhan Youth Camp 2013 yang berlangsung di Balai Diklat Keagamaan Manado kemarin. Kurikulum 2013 yang menekankan pada pembentukan karakter peserta didik perlu ditunjang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini agar mereka lebih terlatih afektif dan psikomotornya, lanjut Supriadi yang juga Ketua Musyawarah Guru  Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA se-Kota Manado.
Kegiatan yang bertujuan memupuk ukhuwah dan meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Jumat – Minggu, 18- 20 Juli 2014 dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Manado yang diwakili oleh Pembina ROHIS Supriadi. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut diharapkan mampu menambah pemahaman serta penanaman nilai-nilai Islam bagi peserta didik muslim di SMA Negeri 9 Manado, khususnya bagi kelas X yang baru saja bergabung. Pihak sekolah, lanjutnya merasa bangga bahwa kegiatan religius yang digagas oleh Rohis senantiasa mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak. Ketika perubahan zaman dan arus global semakin deras, maka nilai-nilai religius diperlukan guna mengantisipasi dan membentengi generasi muda dari aneka pengaruh negatif. Pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang bernuansa religius dan mengedepankan nilai-nilai karakter, lanjutnya. Hal ini terbukti mulai tahun ajaran 2014/2015, SMAN 9 Manado telah memiliki Mushalla (tempat salat) selain ruang Keimanan Agama Islam.
carousel
images not found

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut merupakan ajang pengenalan Rohis bagi para peserta didik baru di SMA Negeri 9 Manado sekaligus penanaman nilai-nilai religious yang bukan saja menjadi sebuah ritualitas, tapi melatih spiritualitas peserta. Ketua Panitia Ayu Widya Ismail yang didampingi sekretaris panitia Reza Lufna menyatakan bahwa RYC 2014 juga menjadi upaya menjalin dan mempererat ukhuwah diantara peserta didik muslim yang baru di SMA Negeri 9 Manado, serta berupaya memantapkan amaliah-amaliah Ramadhan yang diharapkan akan terus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi bagi 96 peserta. Rohis sebagai salah satu organisasi sub OSIS terbilang sangat aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan keislaman yang tentunya berdampak pada proses pembentukan religius culture di SMA Negeri 9 Manado.

Sumber: kakippy

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top