You are here:

Merdike Pertiwi Tooy Mewakili SULUT dalam LASENAS 2014 di Riau

SMAN9, (17/6) – Menjelang masa liburan, SMA Negeri 9 Manado kembali mengutus siswinya ke ajang nasional. Hal ini setelah Merdike Pertiwi Tooy terpilih menjadi salah satu peserta untuk mewakili Sulawesi Utara dalam kegiatan Lawatan Sejarah Nasional XII Tahun 2014. Selain Merdike, Badan Pelestarian Nilai Budaya Manado juga memilih Supriadi,S.Ag.,M.Pd.I salah satu guru terbaik dalam LASEDA sebagai guru pendamping kegiatan tersebut.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi di Gedung Lembaga Adat Melayu Kab. Siak Prov. Riau bertemakan “Budaya Melayu Pemersatu Bangsa”. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 20 Juni 2014 tersebut melibatkan lebih dari 200 peserta yang merupakan pelajar-pelajar terbaik dari setiap provinsi di Seluruh Indonesia.

Nuansa Melayu yang kental sangat terasa dan terlihat dalam Opening ceremony yang berlangsung pukul 09.00 WIB. Hal ini tidak lain karena Kabupaten Siak satu-satunya daerah yang menjadi andalan Provinsi Riau terkait objek wisatanya, ditambah lagi Siak merupakan pusat Budaya Melayu. Secara historis Kabupaten Siak merupakan daerah bekas kerajaan yang penuh dengan berbagai peninggalan khazanah yang bersejarah, tentunya hal inilah yang menjadikan Siak dipercayai sebagai tuan rumah Lawatan sejarah Nasional ke-XII tersebut.

Sementara itu Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Dit.Sejarah dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Endjat Djaenuderadjat dalam sambutannya mengungkapkan poin penting dalam sejarah Melayu terutama budayanya yang masih tetap lestari hingga kini.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top