You are here:

KWL (Know, Want, Learn)

SMAN9, (23/5) – KWL atau merupakan singkatan dari Know, Want, Learn adalah sebuah strategi pembelajaran membaca dalam bahasa Inggris serta dapat Anda pertimbangkan sebagai strategi yang bisa Anda gunakan di dalam kelas.

 

Pada dasarnya, KWL adalah strategi dimana siswa terlebih dahulu Know (Mengetahui, menganalisa, memprediksi), baru kemudian Want (Mengembangkan pemikiran terhadap apa yang akan dipelajari dengan membuat pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks), setelah itu baru Learn (Menyimpulkan mengenai apa saja yang sudah dipelajari dan menjawab pertanyaan).

 

Secara garis besar, itulah yang akan dilakukan dalam pembelajaran reading menggunakan KWL. Untuk uraian yang lebih jelas, Anda bisa melihat penjelasan berikut ini.

 

K (Know)

 

Pada tahap ini, siswa belum membaca teks dan bersama dengan kelompoknya, mereka akan menganalisa sebuah teks. Analisa dilakukan dengan cara memikirkan kata kunci, istilah, frase, dan topik-topik yang kemungkinan muncul di dalam teks tersebut. Kemudian semua hal tersebut diorganisasikan ke dalam sebuah daftar sehingga terperinci dengan baik.

 

Apa tujuan dari tahap ini? Siswa beserta kelompoknya dapat menggunakan tahap ini untuk terlebih dahulu berpikir kritis serta membuat analisa mengenai hal-hal apa saja yang akan muncul di dalam teks. Teknik ini juga membantu mereka tidak asing ketika membaca teks.

 

W (Will, Want)

 

Dalam tahap want, siswa akan melakukan hal yang jauh lebih kompleks lagi. Disini, mereka akan membuat pertanyaan-pertanyaan penting mengenai hal terkait dengan tema teks. Misalkan, seorang guru telah memberikan klu bahwa teks yang akan dipelajari saat ini adalah mengenai pertanian. Sebuah kelompok siswa bisa membuat pertanyaan seperti berikut:

 

  1. Bagaimana pertanian di Indonesia bisa meningkatkan ekspornya?
  2. Bagaimana sistem perawatan lahan pertanian di Indonesia?
  3. Kenapa banyak petani yang menggunakan pestisida?
  4. Bagaimana cara membasmi hama dengan cara yang tepat dan cepat?
  5. Bagaimana cara menghasilkan tanaman-tanaman organic?

 

5 pertanyaan di atas bisa dihasilkan berdasarkan daftar kata kunci atau frase yang telah siswa buat di dalam tahap Know.

 

L (Learn)

 

Tahap yang terakhir adalah tahap review, menjawab pertanyaan, serta menarik kesimpulan. Di dalam tahap ini, siswa membaca teks dan setelah mempelajarinya, mereka menjawab pertanyaan, serta merangkum hal-hal penting di dalam teks.

 

Tujuan dari tahap ini adalah siswa tahu apa yang sedang mereka pelajari dan bukan anak-anak yang asal ikut dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru.

Berikan komentar anda terhadap berita di atas!

Posted by: Ronald

Back to Top