You are here:

Ujian Nasional Hari Pertama di SMA Negeri 9 Manado Tanpa Kendala

Manado, Kemdikbud — Sebanyak 624 siswa Sekun siswa di kelasolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Manado mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2014. Berbagai persiapan telah dilakukan, seperti melakukan pembelajaran yang lebih efektif di pagi hari, sejak bulan September 201. Selain itu juga dilakukan bimbingan belajar atau pemantapan belajar untuk kelas tiga di sore hari.

 

“Usaha-usaha sekolah untuk lebih memantapkan siswa ini melaksanakan uji coba (try out) UN sekolah dan mengikuti uji coba UN dari dinas pendidikan kota. Sekolah juga menyediakan bimbingan untuk guru apa bila ada kendala dalam melakukan bimbingan kepada siswa. Siswa siap hadapi UN tahun 2014,” ungkap Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Manado, Nelly Roosje Tani, di kantornya, Senin (14/04/2014).

Ia mengatakan, siswa diharapkan untuk terus belajar, jaga kesehatan, tidak menggunakan waktu dengan sia-sia, seperti kebut-kebutan di jalan menggunakan sepeda motor. Agar tidak ada musibah pada saat pelaksanaan ujian, sehingga bisa mengikuti ujian nasional bersama-sama. Pada hari pertama, kata dia, semua siswa seratus persen mengikuti ujian. “Kami lakukan hitung cepat di jam pertama, apabila ada yang tidak masuk akan saya susul untuk dapat mengikuti ujian nasional,” imbuhnya.

Naskah soal dan lembar  jawaban UN, kata dia, untuk SMA Negeri 9 di simpan di kantor polisi sektor (Polsek) Malalayang. Kepala sekolah mengambil naskah langsung dengan didampingi tim panitia dan petugas kepolisian setiap hari selama pelaksanaan UN. “Tadi pagi saya mengambil langsung naskah UN pada pukul 05.00 WITA di Polsek Malalayang didampingi tim panitia, serta didampingi pula petugas kepolisian dari Polsek tersebut,” tutur Nelly.

Ia menjelaskan, dalam pengambilan naskah ujian tidak terjadi masalah, karena saat pengambilan naskah di polsek harus benar-benar teliti. Dilihat apakah naskah soal benar diperuntukan SMAN 9 Manado, dan kantor polsek tidak terlalu besar. Sehingga memudahkan dalam mengambil naskah UN. “Begitu naskah sampai di sekolah ada panitia yang mengatur dan memberikan arahan. Peraturan pelaksanakan ujian dibacakan oleh panitia kepada para pengawas agar juga memahami peraturan pelaksanaan ujian nasional” jelasnya.

Ia mengatakan, tidak ada laporan adanya kendala dalam pelaksanaan selama ujian pada hari pertama. “Semoga hari esok bisa seperti hari pertama ini, tidak ada kendala,” tandasnya.

Berikan komentar, saran atau kritik anda demi kemajuan sekolah!

Posted by: Ronald

Back to Top